SMK Neswara Siapkan Sekolah Berbasis Industri

by
KERJASAMA – SMKN 1 Warungasem bekerja sama dengan PT Daikin untuk mewujudkan sekolah berbasis industri untuk meningkatkan mutu lulusan.

BATANG – Menghadapi persaingan pasar global, terlebih menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), lulusan SMK diharap bisa meningkatkan kompetensi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, SMKN 1 Warungasem menyiapkan sekolahnya menjadi sekolah berbasis industri.

Hal itu diawali kerja sama dengan salah satu perusahaan AC ternama di Indonesia, PT Daikin. Seperti yang dilakukan Selasa (1/10)kemarin, digelar In House Training untuk pengenalan sekolah berbasis industri kepada para guru SMK yang kerap disebut SMK Neswara itu. .

“Dalam rangka mewujudkan sekolah berbasis Industri, kami bekerja sama dengan PT Daikin menyelenggarakan In House Training atau IHT yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada bapak/ibu guru SMKN 1 Warungasem untuk dapat memahami tentang pengenalan Budaya Industri demi tercapainya Sekolah SMK berbasis industri,” terang Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo SPd MSi, usai kegiatan.

Catur menjelaskan, yang dimaksud sekolah berbasis industri yakni sekolah yang memiliki sistem dan aturan yang ada di industri. Sehingga ketika nanti mereka bekerja, mereka sudah terbiasa dengan suasana dan budaya kerja di industri yang sebenarnya.

Head of Training PT Daikin, Joko Trisharyanto, menyambut baik kerja sama tersebut. Bahkan pihaknya dengan senang hati ingin membantu SMKN 1 Warungasem dalam mengembangkan Sekolah berbasis Industri.

“Dalam kegiatan ini, kita berusaha membantu Sekolah-Sekolah di Indonesia terutama di SMK N 1 Warungasem ini untuk bisa menerapkan aturan serta sistem seperti yang ada di perusahaan sesungguhnya. Dengan adanya sosialisasi ini, semoga sekolah ke depan dapat menerapkannya untuk terwujudnya sekolah berbasis Industri/Keunggulan Wilayah,” tandas Joko. (nov)