Seriusi Adiwiyata, SMAN 2 Batang Lakukan Reboisasi

by
TANAM – Salah satu siswa SMAN 2 Batang saat mengikuti aksi reboisasi di lingkungan SMAN 2 Batang

BATANG – Serius ingin mewujudkan sekolah Adiwiyata, SMAN 2 Batang gencar melakukan penghijauan. Salah satunya dengan program reboisasi yang menjad program unggulan SMA Zonasi TAHUN 2019, yang digelar Jumat (27/9). Puluhan pohon maupun tanaman hias ditanam di lingkungan sekolah untuk mewujudkan gerakan kesadaran lingkungan.

Kepala SMAN 2 Batang, Drs Suraji MSi menjelaskan, kegiatan reboisasi dilakukan sebagai langkah menuju sekolah berbasis adiwiyata. Tak hanya ingin lebih hijau, tetapi sekolah juga memiliki banyak keaneka ragaman hayati dengan segala manfaatnya.

“Tadi yang ditanam tidak hanya pohon keras seperti mangga dan lainnya, tapi beberapa ada tanaman hias. Hal ini kami lakukan untuk mempercantik sudut yang ada di sekolah, sehingga sekolah terasa lebih segar, hijau, dan nyaman,” ungkapnya.

Suraji juga mengapresiasi antusiasme siswanya dalam melakukan rebosiasi. “Kami harap kegiatan ini bisa menginspirasi seluruh anak didik di SMAN 2 Batang menjadi anak yang rutin untuk menanam. Karena tanaman ini penting untuk kelangsungan kita hidup di bumi ini,” harapnya.

Perwakilan Panitia Reboisasi, Rosidi SPd berharap agar ke depannya pohon yang telah ditanam itu bisa turut dipelihara semua warga sekolah, khususnya siswa. Sehingga ke depan SMAN 2 Batang lebih hijau dan bisa menjadi sekolah yang berbasis adiwiyata bahkan hingga adiwiyata mandiri. “Nanti bisa terlihat hasil dari program reboisasi ini,” tukasnya.

Ketua OSIS SMAN 2 Batang, M Khotibul Umam, didampingi salah satu pengurus, Ridho Aman S menjelaskan, reboisasi sejalan dengan program kerja OSIS sebelumnya. Rangkain program lain juga telah disiapkan sebagai kelanjutan dari pergerakan upaya mencintai lingkungan di SMA N 2 BATANG. Program kerja itu untuk mendukung sekolah dalam mewujudkan SMAN 2 Batang berbasis Adiwiyata.

“Sebelumnya OSIS juga sudah menyelenggarakan kegiatan Green With Smanda untuk diambil manfaat ke depannya berkaitan kebersihan lingkungan, merawat serta menanam tanaman. Harapannya kegiatan seperti ini terus berlangsung dan akan ada, dan masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat bagi lingkungan SMA N 2 BATANG,” ujar Umam. (nov)