Pengumpulan Syarat Calon Independen Diperpanjang

by -

KOTA – Waktu pengumpulan syarat dukungan KTP elektronik bagi calon perseorangan atau calon independen dalam Pilkada 2020, akan lebih panjang dibandingkan periode Pilkada sebelumnya. Berdasarkan PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk Pilkada 2020, waktu pengumpulan syarat dukungan ditetapkan selama 86 hari yakni mulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020. Sedangkan dalam Pilkada periode sebelumnya, waktu pengumpulan syarat dukungan KTP bagi calon perseorangan hanya selama lima hari.

Komisioner KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis, Fajar Randi Yogananda menjelaskan, penambahan waktu tersebut dimaksudkan untuk mempermudah warga negara Indonesia yang berniat maju dari jalur perseorangan. “Perpanjangan waktu ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dan warga negara yang berminat mencalonkan diri sebagai wali kota dari jalur perseorangan,” tuturnya.

Mengenai jumlah dukungan yang harus dikumpulkan, dikatakan Fajar mengacu pada regulasi yakni PKPU 3 dan PKPU 14 tahun 2017, jumlah minimal dukungan KTP bagi calon perseorangan yakni sebanyak 10% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) III pada Pemilu 2019 lalu. Selain itu, sebaran dukungan minimal ada di 50% kecamatan.

“Artinya kalau di Kota Pekalongan jumlah dukungan minimal harus tersebar di tiga kecamatan. Sedangkan jumlah detail, berapa persisnya jumlah KTP yang harus dikumpulkan, akan ditetapkan oleh KPU pada 26 Oktober mendatang,” jelasnya.

Fajar menambahkan, setelah penetapan syarat jumlah dukungan pada 26 Oktober mendatang, KPU akan membuka help desk untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan informasi maupun melihat contoh formulir yang harus disiapkan untuk mendaftarkan diri dari jalur perseorangan. “Yang utama adalah syarat dukungan yang disertakan harus KTP elektronik,” tandasnya.(nul)