Jelang Pilkada, Ada Tokoh yang Merapat ke PDIP

by

**Segera Mendaftar Bakal Calon Bupati

KETERANGAN – Ketua DPC PDI P Kendal berikan keterangan pers terkait pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Kendal periode 2020-2025, kemarinm.

KENDAL – Pendaftaran bakal calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Kabupaten Kendal periode 2020-2025 sudah resmi dibuka Dewan Pimpinan cabang (DPC) PDI Perjuangan Kendal. Pendaftaran mulai dibuka Rabu 18 September dan akan berakhir Minggu 22 September mendatang.

Partai peraih 10 kursi DPRD Kendal itu mengklaim, sudah ada tokoh yang bakal mendaftarkan diri melalui partainya. “Sudah ada. Baru satu tokoh yang sudah datang ke sini mencari informasi soal pendaftaran dan syarat-syaratnya. Ya, dia (tokoh) ini dari kader sendiri,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal, Akhmat Suyuti, saat lakukan jumpa pers di Kantor DPC PDI Perjuangan Kendal, Rabu (18/9).

Dia menjelaskan, proses pendaftaran dan penjaringan bakal calon untuk Pilkada Kendal 2020 resmi dibuka DPC setelah sebelumnya melakukan rapat pleno dengan DPD PDIP Jawa Tengah. Menurut Suyuti, pendaftaran dilakukan pada jam kerja pukul 9.00 – 16.00 di Kantor DPC PDI Perjuangan Kendal dan terbuka untuk umum.

Jika sampai tanggal 22 September 2019 baru terdapat satu pasangan bakal calon yang mendaftar, maka pihaknya akan memperpanjang masa pendaftaran hingga dua pekan. Karena batas minimalnya disebut Suyuti harus terdapat dua pasangan cabup/cawabup. Mereka yang mendaftar diusulkan ke DPD maupun DPP dan bakal menjalani seleksi dari partai. Jika pada 22 September sudah memenuhi syarat, dilanjutkan dengan verifikasi berkas pada 23 September 2019. “Siapa pun yang ingin daftar silahkan. Tak hanya kader partai, nonpartai juga kami persilahkan,” ungkapnya.

Sejauh ini, meski belum berani menyampaikan sikap politik terkait pencalonan Pilbup Kendal, PDIP menjadi partai pertama yang secara resmi membuka pendaftaran. Mekanisme itu ditempuh untuk menjaring figur-figur yang nantinya harus diseleksi dan menunggu keputusan DPP PDIP. “Keputusan soal nama sampai soal apakah kita akan mengusung sendiri ataukan berkoalisi, itu domainnya DPP. Yang jelas, tahapan partai sudah kami lakukan, yakni membuka pendaftaran,” ucapnya. (lid)