PDI-P Buka Penjaringan Bakal Calon Walkot dan Wawalkot

by
Sekretaris DPC PDI-P Kota Pekalongan, Edu Supriyanto

KOTA – DPC PDI-P Kota Pekalongan akan membuka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2020 mendatang. Pendaftaran akan dibuka selama empat hari yakni mulai Senin (16/9) hingga Jumat (20/9) di Kantor DPC PDI-P Kota Pekalongan.

Sekretaris DPC PDI-P Kota Pekalongan, Edy Supriyanto mengatakan, pendaftaran tersebut dibuka untuk umum dan siapapun boleh mendaftar baik sebagai bakal calon wali kota maupun sebagai bakal calon wali kota. “Untuk melihat syarat-syaratnya bisa langsung datang ke Kantor DPC PDI-P untuk mendapatkan penjelasan,” jelasnya.

Pembukaan pendaftaran tersebut, lanjut Edy, merupakan instruksi dari DPP guna menjaring sosok-sosok terbaik yang akan memimpin Kota Pekalongan. Sehingga dia mengajak kepada masyarakat yang memiliki kemauan bersama untuk membangun Kota Pekalongan agar turut serta dalam proses penjaringan ini.

“Siapa saja yang mendaftar dan memenuhi syarat akan kami terima. Selanjutnya nama-nama yang mendaftar akan kami ajukan ke DPP untuk diseleksi kembali,” jelasnya.

Mengenai peluang PDI-P dalam Pilkada tahun 2020 mendatang, Edy mengatakan bahwa jika mengacu pada aturan yang ada sebelumnya jumlah kursi yang dimiliki PDI-P belum mencukupi untuk mengajukan calon sendiri dan harus berkoalisi dengan parpol lain. Namun dia memastikan, nama yang terpilih dalam proses penjaringan akan diusulkan dalam koalisi.

“PDI-P memang harus mencari mitra koalisi dalam Pilkada mendatang. Penjaringan ini menjadi salah satu langkah awal kami mempersiapkan sosok yang nantinya akan kami ajukan sebagai calon wali kota maupun calon wakil walikota. Sosok yang dipilih oleh DPP nantinya yang akan kami ajukan,” tambah Edy.

Ditanya mengenai kader PDI-P yang kini menduduki kursi wakil wali kota yakni A Afzan Arslan Djunaid, Edy menyatakan bahwa yang bersangkutan juga tetap harus mendaftarkan diri jika ingin kembali maju bersama PDI-P. “Karena penjaringan ini merupakan bagian dari tahapan dan proses yang dilakukan PDI-P dalam rangka menghadapi Pilkada,” tandasnya.(nul)