Kota Pekalongan Pastikan Siap Gelar Dulongmas

by -
DUKUNG PENUH – KONI kabupaten kota se wilayah Dulongmas menyatakan
dukungan penuh kepada Kota Pekalongan untuk menjadi tuan rumah
gelara Porwil Dulongmas pada 2020 mendatang. M. AINUL ATHO

KOTA – KONI Kota Pekalongan menegaskan siap untuk menjadi tuan rumah dalam gelara Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas (eks Karesidenan Kedu, Pekalongan dan Banyumas) pada tahun 2020 mendatang. Kesiapan Kota Pekalongan juga didukung penuh oleh seluruh KONI dari daerah anggota Dulongmas. Pernyataan kesiapan dan dukungan terhadap Kota Pekalongan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Porwil Dulongmas yang digelar di Kantor KONI Kota Pekalongan, Rabu (11/9).

Rakor dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid dan dihadiri oleh perwakilan KONI dari 14 kabupaten kota anggota Dulongmas.

Wakil Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid menyatakan bahwa bagaimanapun Kota Pekalongan sudah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Porwil Dulongmas tahun 2020. Sehingga apapun yang terjadi, Kota Pekalongan harus siap menyelenggarakan. “Karena ini menyangkut kehormatan Kota Pekalongan,” tegas Afzan.

Terkait persiapan dan segala kekurangan, termasuk sarpras untuk venue pertandingan, Afzan menyatakan bahwa Kota Pekalongan akan menggandeng kabupaten kota sekitar mulai dari Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang hingga Tegal. “Tidak masalah karena batasan maksimal venue itu antara 80 km sampai 100 km. Apalagi saat ini sudah ada akses jalan tol yang tentu mempermudah dan mempercepat perjalanan,” tambahnya.

Persiapan lain yang harus segera dipastikan yakni masalah penganggaran. Untuk itu dia berharap segala hal yang bersangkutan dengan teknis penyelenggaraan Dulongmas harus segera disepakati sehingga bisa diusulkan untuk anggaran 2020 mendatang. “Mudah-mudahan semua pihak mendukung,” kata Afzan.

Selain berkaitan dengan nama baik Kota Pekalongan, penyelenggaraan Dulongmas juga diharapkan bisa memberikan efek positif untuk Kota Pekalingan seperti bisa mendatangkan kunjungan dari luar kota hingga turut mensosialisasikan olahraga sebagai kegiatan positif kepada pemuda di Kota Pekalongan.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan menambahkan, semangat Kota Pekalongan untuk menjadi tuan rumah Dulongmas semakin bertambah melihat antusiasme dan dukungan dari seluruh perwakilan KONI se Dulongmas yang disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut. “Dari pembahasan tadi kita melihat bersama bahwa KONI kabupaten kota sangat antusias untuk mendukung digelarnya Dulongmas di Kota Pekalongan,” tutur Maretan.

Antusiasme tersebut dikatakan Maretan didasari dari semangat untuk pembinaan kepada atlet dimana Porwil Dulongmas menjadi salah satu event berjenjang yang dapat dimanfaatkan untuk pembinaan. “Kalau andalkan Porprov saja, hanya empat tahun sekali tentu pembinaan akan terputus. Dengan Dulongmas ini maka pembinaan berjenjang bisa berjalan. Kita sudah gelar Porkot tahun ini, 2020 kita gelar Dulongmas, 2021 sudah mulai Pra Porprov dan 2022 sudah Porprov,” jelasnya.

Dalam rakor yang paling banyak dibahas yakni terkait dengan waktu penyelenggaraan. Sebab tahun 2020 ada beberapa agenda besar yang juga akan digelar, seperti Pilkada dan PON. Sehingga jika melihat kalender jadwal tersebut, yang paling memungkinkan adalah Porwil Dulongmas digelar setelah Pilkada yang digelar pada September.

Untuk percepatan sekaligus persiapan anggaran, KONI Kota Pekalongan juga ditargetkan untuk menginventarisir cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam waktu satu bulan mendatang. Hasil inventarisasi selanjutnya akan disampaikan dalam rapat koordinasi lanjutan yang akan dilaksanakan di Banjarnegara bulan depan.

Pernyataan dukungan terhadap Kota Pekalongan untuk menggelar Porwil Dulongmas juga disampaikan lewat surat pernyataan bersama seluruh KONI wilayah Dulongmas. Surat pernyataan tersebut selanjutnya akan dibawah dalam audiensi bersama Gubernur Jawa Tengah.(nul)