Gelar Pilketos Online, SMAN 2 Batang Hemat 50 Persen Biaya

by
PILKETOS ONLINE – SMAN 2 Batang melaksanakan program pemilihan ketua OSIS secara online, Selasa (10/9). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – SMAN 2 Batang menggelar pemilihan ketua OSIS (Pilketos) berbasis Online, Selasa (10/9). Meski perdana, metode online itu dilakukan karena bisa memghemat anggaran pilketos hingga 50 persen, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Ketua OSIS SMAN 2 Batang, Khotibul Umam, didampingi panitia Pilketos, Rizka Nugraha menjelaskan, sekolahnya memang baru pertama kali menggelar pilketos secara online. Meski ada beberapa kendala, penyelenggaraan pilketos kali ini pun sukses karena bisa menekan angka golput.

“Suatu kebanggaan bisa menjalankan amanah program kerja saya di osis dalam bidang TI bisa menciptakan suasana baru pilketos tahun ini dengan penggunaan pilketos berbasis komputer pertama kali,” ujarnya saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Menerut Umam, dengan pilketos online tersebut, penghitungan dan rekap suara juga lebih mudah. Selain itu juga meminimalisir pemilih untuk golput. Karena ketika memcoblos mereka harus benar-benar memilih calon bakal ketua ataupun wakil ketua OSIS.

“Kendalanya sih tadi sempat mati listrik, jadi agak terganggu. Tapi sejauh ini berjalan dengan lancar. Dan anak-anak antusias, karena ini baru pertama kalinya. Mereka juga bisa beradaptasi dengan sistem baru ini. Sebelumy juga mereka sudah mendapatkan sosialisasi tentang visi misi calon ketua dan wakilnya,” imbuhnya.

Kepala SMAN 2 Batang, Drs Suraji MSi, mengapresiasi langkah para pengurus OSIS melakukan inovasi pilketos online itu. Menurutnya, cara tersebut menjadi bagian dari pemanfaatan teknologi secara positif. Terlebih, di sekolahnya terdapat banyak laptop ataupun komputer yang diperuntukkan untuk UNBK. Karena ada pilketos, komputer sekolah juga tak hanya dimanfaatkan untuk satu kegiatan saja, tapi juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Ia juga berharap ke depan pengurus OSIS terpilih mampu melanjutkan program kerja berikutnya. Sekaligus dapat melakukan inovasi untuk mendukung kemajuan sekolah.

“Ini inovasi yang bagus dari pengurus OSIS yang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Kami punya banyak komputer, karena sudah melakukan UNBK mandiri dua tahun ini. Sehingga komputer sekolah ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang baik. Dan kepada pengurus OSIS periode mendatang semoga bisa amanah dan menjalankan program kerja dengan baik dan semakin inovatif,” tandasnya. (nov)