Radar Tegal

Minat Cetak E-KTP Minim

Minat Cetak EKTP Minim

KETERANGAN – Kepala Disdukcapil Salu Panggalo memberi keterangan soal sepinya minat pencetakan EKTP, kemarin.
HERMAS PURWADI

*Disdukcapil Panggil Rumah Patent

SLAWI – Paska mendapat gelontoran kepingan material EKTPsebanyak 20.000 dari pusat, justru minat warga yang telah melakukan perekaman untuk mencetak KTP el menyusut. Menyikapi fenomena ini Disdukcapil bakal memanggil seluruh petugas rumah patent yang tersebar di 18 kecamatan untuk mengetahui, apa yang menjadi pemicu turunnya minat mencetak EKTP.

Kepala Disdukcapil Salu Panggalo mengaku awalnya dia menargetkan gelontoran 20.000 keping material itu bisa habis di bulan November. “Namun hingga minggu kedua Desember masih ada 15.000 keping. Setiap hari pemohon yang diharapkan mencetak EKTP sebanyak 500 hingga 1000 orang susut drastis, bahkan realitf sepi,” ujarnya Rabu (13/12) kemarin.

Dia mengaku hingga saat ini ada sekitar kurang lebih 100.000 warga yang belum melakukan perekaman, dan ada sekitar kurang lebih 150.000 warga yang sudah melakukan perekaman namun belum melakukan pencetakan.

“Mulai Januari 2018 kami akan mencoba pencetakan mulai dilakukan disemua rumah patent. Hal ini bisa direalisasi dengan catatan blangko atau material yang tersedia sesuai dengan yang dibutuhkan. Kami akan priooritaskan mencetak KTP el baru. Bukan melayani KTPel yang hilang atau rusak,” cetusnya.

Ditegaskannya awal tahun 2018 pihaknya aklan meminta tambahan suplay material KTP elektronik agar target pencetakan perhari bisa terlaksana. Saat ini semua alat cetak yang akan ditempatkan di rumah paten kecamatan sedang diinstal ulang agar dapat digunakan untuk pelayanan pencetakan di kecamatan.

“Untuk tahun depan kita rencanakan dalam sebulan dapat mencetak 171.000. Hal itu bisa terealisir dengan catatan tidak ada human error seperti lampu padam dan maslaah teknis yang tidak terduga sebelumnya,” tegasnya.

Dia menegaskan dalam pelaksanaan pencetakan dirumah paten kecamatan bila timbul trobel di alat cetak, masyarakat bisa mencetak di kecamatan lain terdekat atasu langsung ke kantor pusat disdukcapil. (her)

Facebook Comments