Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Sasar Delapan Pelanggaran

by
Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Sasar Delapan Pelanggaran
APEL - Anggota Satlantas Polres Batang saat menggelar apel di Mako setempat. DOK ISTIMEWA

BATANG – Waspada, bagi pengendara yang merasa sering melanggar aturan lalu lintas dan tidak memiliki kelengkapan kendaran bermotor. Pasalnya, mulai Kamis hari ini, 29 Agustus hingga 11 September 2019, Satuan Lalu Lintas Polres Batang bakal menggelar Operasi Patuh Jaya 2019.

Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Sasar Delapan Pelanggaran
APEL – Anggota Satlantas Polres Batang saat menggelar apel di Mako setempat. DOK ISTIMEWA

Kasatlantas Polres Batang, AKP Ferdy Kastalani mengatakan, Operasi Patuh digelar untuk lima tujuan. Pertama, menciptakan Kamseltibcarlantas dengan menekankan peningkatan sumber daya manusia. Kedua, melaksanakan kegiatan proaktif dan pendekatan preventif.

Ketiga, untuk peningkatan bidang pelayanan baik informasi hingga administrasi dan penegakan hukum. Keempat, peningkatan profesionalisme dan transparansi khususnya dalam pelayanan. Kelima, sinergitas dengan mitra terkait.

Dalam Operasi Patuh, kata dia, polisi akan menyasar delapan pelanggaran, di antaranya pengendara sepeda motor tidak menggunakan Helm SNI. Pengemudi roda empat tidak memakai safety belt, pelanggaran lalu lintas tidak mematuhi batas kecepatan yang diperbolehkan, pelanggaran lalu lintas melawan arus.

Mengemudi dalam pengaruh minuman keras, obat-obatan terlarang dan atau zat adiktif lainnya, pengendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM, menggunakan ponsel saat berkendara. dan pengemudi yang menggunakan lampu strobo dan atau sirine. “Dalam operasi ini kita mengedepankan sikap preventif. Tapi, jika menemukan pelanggar akan langsung ditindak tegas,” terangnya.

Ferdy mengungkapkan, Operasi Patuh Jaya 2019 bakal digelar di sejumlah titik rawan di wilayah Kabupaten Batang. Ia berharap, pengendara tertib berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu dan mengedepankan keselamatan dalam berkendara agar tidak terjaring petugas. (fel)