Belajar dengan Alam, Petualang Pos Bahasa dan Hadits

oleh -
5 - Belajar dengan Alam, Petualang Pos Bahasa dan Hadits
BELAJAR - Kegiatan pembelajaran para siswa SMK Muhammadiyah Kesesi dalam rangka memperingati Hari Santri, Kamis (22/08). EKA ISDITYA

KESESI – Pada tanggal 22 Agustus 2019 bertepatan dengan agenda Hari Santri di bulan Agustus, SMK Muhammadiyah Kesesi melakukan rutinitas yang berbeda dengan sekolah yang lain. Pihaknya senantiasa menggelar Peringatan Hari Santri di tiap bulannya.

5 - Belajar dengan Alam, Petualang Pos Bahasa dan Hadits
BELAJAR – Kegiatan pembelajaran para siswa SMK Muhammadiyah Kesesi dalam rangka memperingati Hari Santri, Kamis (22/08). EKA ISDITYA

“Pada kegiatan Peringatan Hari Santri kali ini kami membuat sebuah konsep belajar Agama Islam di alam yang menyenangkan dan sekaligus merefres pikiran siswa,” ujar Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah Kesesi, Yudha Satya Wibowo SPd. Kegiatan diawali dengan apel dan pengarahan terlebih dahulu terkait dengan kegiatan yang akan berlangsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos-pos yang sudah disiapkan oleh bapak/ibu guru. Pada pos pertama, para siswa menghafalkan hadits dan belajar Bahasa Inggris. Kemudian di pos terakhir yakni yang berlokasi di Bendungan Brondong, siswa melaksanakan sholat dhuha dengan dilanjut melaksanakan literasi bersama.

“Literasi ini difokuskan pada buku keagamaan. Harapannya siswa mampu mendapatkan hal-hal baru yang mereka rasakan diluar lingkungan sekolah. Selain itu kami juga berharap mereka menjadi gemar membaca dan merefleksikan kegiatan ini kedalam kehidupan mereka,” ungkapnya.

Sebagai sekolah menengah kejuruan yang tak tengah berkembang, pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa menjadi sebuah inovasi pembelajaran yang baik dan mampu merubah mainset berpikir siswa bahwa belajar dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. “Maka mulailah dengan membaca, karena dengan membaca kita akan melihat hal-hal yang baru,” pungkasnya. (yak)