Orang Tua dan Siswa Ikuti Gernas Baku

by
3 FA - 60 Orang Tua dan Siswa Ikuti Gernas Baku
BACA - Antusias orang tua saat membacakan buku cerita kepada putra putri mereka dalam kegiatan Gernas Baku. MALEKHA

KOTA – Sebanyak 60 orang tua dan siswa RAIT Ulul Albab Pekalongan mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan.

3 FA - 60 Orang Tua dan Siswa Ikuti Gernas Baku
BACA – Antusias orang tua saat membacakan buku cerita kepada putra putri mereka dalam kegiatan Gernas Baku. MALEKHA

Demikian disampaikan Kepala RAIT Ulul Albab Pekalongan, Lilis Suryani kepada Radar Pekalongan, Selasa (6/8).

Gernas Baku juga menjadi awal dari pengenalan literasi bagi anak usia dini, sehingga mereka memiliki pembiasaan dari rumah untuk menyukai dunia literasi karena sering dibacakan buku oleh orang tuanya.



“Karena bagaiamana pun, orang tua dan keluarga memiliki peran yang besar dalam tumbuh kembang anak usia dini selain disatuan pendidikan. Sehingga adanya dukungan keluarga untuk meningkatkan minat baca itu sangat penting,” ucap Lilis.

Selain itu, membacakan buku kepada anak juga bisa menambah kedekatan antara orang tua dan anak. Sehingga jalinan komunikasi mereka lebih baik dan orang tua mampu melihat tumbuh kembang buah hati mereka secara sempurna.

“Kalau di lembaga kami, respon orang tua sangat antusias. Benar-benar mendukung Gernas Baku ini, bahkan mereka jadi memiliki motivasi tersendiri untuk membacakan cerita kepada putra-putri mereka,” terang ibu 3 anak ini.

Namun ia berharap, bahwa kegiatan yang full manfaat ini tidak hanya berhenti pada ceremonial acara di sekolah. Namun orang tua di rumah juga bisa secara kontinyu membacakan buku cerita kepada putra-putrinya sebagai wujud penanaman peningkatan minat baca.

“Kami berharap, selepas kegiatan ini nanti orang tua bisa mengirimkan foto-foto orang tua dan siswa saat membacakan buku di rumah. Jadi kita ingin pastikan bahwa kegiatan ini tidak ceremonial namun ada komitmen bersama meningkatkan minat baca generasi masa depan Indonesia,” pungkas Lilis. (mal)