Hektaran Lahan Tebu Terbakar, Kerugian Puluhan Juta

by
Hektaran Lahan Tebu Terbakar, Kerugian Puluhan Juta
TERBAKAR - Hektaran lahan tebu di Desa Sabar wangi Kecamatan Kajen terbakar. TRIYONO

**Kerugian Ditaksir Rp 50 Juta

KAJEN – Hektaran lahan tebu di Desa Sabarwangi, Kecamatan Kajen yang siap panen, Selasa (6/8), ludes terbakar. Akibat kejadian itu kerugian mencapai Rp 50 jutaan lebih.

Untuk sekadar diketahui, lahan 5 hektar tanaman tebu tersebut merupakan milik warga sekitar. Lahan tebu siap panen terbakar diketahui sekira pukul 09.00 wib. Kejadian pertama kali diketahui oleh seorang warga sekitar Sumarmo (65) yang melihat lahan tebu sebagian sudah dipanen terbakar oleh api.

Hektaran Lahan Tebu Terbakar, Kerugian Puluhan Juta
TERBAKAR – Hektaran lahan tebu di Desa Sabar wangi Kecamatan Kajen terbakar. TRIYONO

“Sumbernya tidak tahu namun api dengan cepat merambat, ” kata Sumarmo.

Karena daun yang sudah mengering, api dengan cepat merambat kearea sekitar. Melihat kejadian tersebut Sumarmo langsung memberitahukan kejadian tersebut ke Ketua RT yang selanjutnya Ketua RT menghubungi Polsek Kajen dan Pemadam Kebakaran.

Adanya laporan tersebut petugas Damkar langsung menuju lokasi dengan membawa Mobil dan alat pemadam kebakaran. Tak butuh waktu lama personil Kepolisian dan Petugas Pemadam kebakaran yang langsung tiba dilokasi dan berusaha memadamkan api yang sudah mulai membesar dan merambat ke lahan sengon dekat lokasi kejadian.

Kemudian selang beberapa jam tepatnya pukul 13.30 Wib api bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran yang dibantu personil TNI-Polri dan masyarakat. Dari hasil pemeriksaan keterangan saksi kerugian kebakaran lahan tebu tersebut mencapai Rp 50 juta.

“Beruntung atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan dari hasil pemeriksaan di lokasi kerugian akibat kebakaran mencapai Rp 50 juta, ” terang Kasubbag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar memasuki musim kemarau saat ini agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan. Sebab ketika terjadi kebakaran saat kemarau ini api sulit untuk dipadamkan.

“Apabila ada percikan api atau lahan yang terbakar segera hubungan petugas terdekat sehingga api bisa dengan cepat dipadamkan, ” imbuhnya. (Yon)