Edukasi Peduli Lingkungan dengan Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah

by
Edukasi Peduli Lingkungan dengan Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah
JALAN BARENG - Walikota Pekalongan M Saelany Machdfudz bersama Sekda dan warga mengikuti jalan sehat sambil pungut sampah yang diselenggarakan Kantor Kecamatan Pekalongan Timur. ISTIMEWA

KOTA – Untuk mengedukasi masyarakat agar mau peduli dengan lingkunganya, Pemkot Pekalongan melalui Kantor Kecamatan Pekalongan Timur menggelar jalan sehat sambil memungut sampah, Ahad (4/7).

Jalan sehat yang diikuti sekitar 300 peserta tersebut terdiri dari kalangan tua maupun muda. Mereka berkumpul sejak pukul 06.00 pagi di halaman Kecamatan Pekalongan Timur. Para peserta diberikan kantong plastik yang digunakan untuk mengumpulkan sampah-sampah di rute jalan sehat.

Edukasi Peduli Lingkungan dengan Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah
JALAN BARENG – Walikota Pekalongan M Saelany Machdfudz bersama Sekda dan warga mengikuti jalan sehat sambil pungut sampah yang diselenggarakan Kantor Kecamatan Pekalongan Timur. ISTIMEWA

Saat membuka kegiatan itu, Walikota Pekalongan M Saelany Machdfudz mengatakan, seluruh kecamatan di Kota Pekalongan mengadakan kegiatan positif jalan sehat bersama yang diwarnai dengan aksi gerakan pungut sampah dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74.

Saelany memaknai jalan sehat ini selain untuk hidup sehat, dapat membangkitkan jiwa nasionalisme sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

“Kegiatan jalan sehat sambil pungut sampah ini memang sudah dilaksanakan di beberapa tempat. Kita harapkan dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia harus semangat dan memperbanyak aktivitas-aktivitas kegiatan untuk warga. Kita tumbuhkan rasa kemerdekaan, rasa semangat, rasa cinta kepada NKRI,” ucap Saelany.

Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih menambahkan, aksi jalan sehat sembari pungut sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan harus senantiasa dipicu dan didorong. Menurut Sekda, bahwa kegiatan kali ini diharapkan mampu membuka kesadaran masyarakat bahwa melalui gerakan yang simple, ringan dan sederhana akan mampu menciptakan kebersihan lingkungan sekaligus mengurangi sampah demi terwujudnya Kota Pekalongan yang bersih, sehat dan nyaman.

“Ini rangkaian dari peringatan kita untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Di berbagai kecamatan mengadakan jalan sehat bersama tapi kita barengkan juga dengan moment kita pengen Kota Pekalongan, kota tercinta kita bersih. Oleh karena itu, untuk membudayakan agar kepedulian kebersihan tersebut menjadi kebiasaan masyarakat. Hal inilah yang kita picu dengan hal tersebut,” imbuh Sekda.

Sekda berharap selain menyehatkan jiwa dan tubuh masyakat, dengan jalan sehat sambil pungut sampah ini kepedulian warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya semakin baik dan meningkat.

“Karena kita tahu semua bahwa Kota Pekalongan cukup padat penduduknya, kita harus peduli dengan kebersihan kota kita,” tegas Sekda.

Berbagai hadiah menarik dan doorprize dibagikan dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut, Warga Pekalongan Timur juga dihibur dengan penampilan artis Bintang Pantura 4 asal Kota Pekalongan, Puji Maharani. (dur)