Rutinkan Gerakan Literasi dan Dhuha Berjamaah

by
3 FA - Rutinkan Gerakan Literasi dan Dhuha Berjamaah
GERAKAN - Pelaksanaan kegiatan gerakan literasi dan dhuha berjamaah MTs Negeri 1 Pekalongan. EKA ISDITYA

*MTs Negeri 1 Pekalongan

KEDUNGWUNI – Menyambut tahun pelajaran 2019/2020, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Pekalongan melaksanakan program harian terbaru yang diwajibkan bagi seluruh siswanya. Kegiatan tersebut ialah gerakan literasi dan sholat dhuha berjamaah yang dilaksanakan sebelum dimulai kegiatan belajar mengajar.

3 FA - Rutinkan Gerakan Literasi dan Dhuha Berjamaah
GERAKAN – Pelaksanaan kegiatan gerakan literasi dan dhuha berjamaah MTs Negeri 1 Pekalongan. EKA ISDITYA

Demikian diungkapkan Kepala MTs Negeri 1 Pekalongan, H. Mukhlisin, ketika ditemui Radar di kantornya, Sabtu (04/08). “Alhamdulillah progran baru ini mulai dilaksanakan rutin pada 1 Agustus 2019 kemarin,” ujar Pak Mukhlisin, sapaan karibnya.

Dijelaskan, melalui dua program pembiasaan tersebut, pihaknya ingin membentuk karakter siswa agarterbiasa melaksanakan kegiatan keagamaan juga mendekatkan siswa dengan bahan bacaan. “Sejak awal ditugaskan disini pada awal tahun 2019 lalu, kami bersama merancang kegiatan yang bisa mengubah karakter anak sekaligus meningkatkan kemampuan akademik dan non akademiknya,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan MTs Negeri 1 Pekalongan, Emi Shofana, menambahkan teknis pelaksanaan kegiatan tersebut yakni dimulai pada pukul 07.00 dengan pelaksanaan sholat dhuha berjamaah dilanjutkan program literasi meliputi membaca dan merangkum bahan bacaan.

“Memang kegiatan sangat padat, kami ambil kegiatan pembiasaan 30 menit pada jam pertama. Pelaksanaan sholat dhuha kurang lebih 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan selama 10 menit, dan me-resume bacaan 5 menit. Untuk menghemat waktu juga, pelaksanaan difokuskan di halaman. Jadi setelah sholat berjamaah, langsung dilanjutkan dengan membaca,” tuturnya.

Melalui kegiatan pembiasaan tersebut, besar harapan, mampu meningkatkan kualitas madrasah sehingga dapat mencatatkan lebih banyak prestasi dari berbagai kesempatan. “Semoga kegiatan bisa istiqomah, berjalan rutin, dan dapat terlihat betul hasilnya dari perubahan karakter siswa,” pungkasnya. (yak)