IIDI Diminta Turut Cegah Stunting

by
IIDI Diminta Turut Cegah Stunting
BERI SAMBUTAN - Ketua Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pekalongan, Zaenal Arifin, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Silaturahim Keluarga Ikatan Istri Dokter Indonesia se-Wilayah Pekalongan, Rabu (31/7). DOK IST

KOTA – Para istri dokter yang tergabung dalam Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Kota Pekalongan diharapkan bisa berkontribusi dalam upaya mencegah stunting. Harapan tersebut disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pekalongan, Zaenal Arifin, pada acara Silaturahim Keluarga Ikatan Istri Dokter Indonesia se-Wilayah Pekalongan di Gedung IDI Kota Pekalongan, Rabu (31/7).

IIDI Diminta Turut Cegah Stunting
BERI SAMBUTAN – Ketua Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pekalongan, Zaenal Arifin, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Silaturahim Keluarga Ikatan Istri Dokter Indonesia se-Wilayah Pekalongan, Rabu (31/7). DOK IST

Zaenal mengatakan, pemerintah saat ini tengah berupaya mencegah stunting. Karena itu, IIDI diharapkan dapat berkontribusi dalam mencegah stunting melalui sinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. “Jangan sampai di Kota Pekalongan ada stunting. Ibu-ibu bisa bekerjasama dan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Bantu menyehatkan masyarakat sekitar untuk mencegah stunting,” pesannya.

Selain itu, IIDI Kota Pekalongan juga diharapkan menyusun program kerja. Salah satunya terkait program sosial dengan berkolaborsi bersama dengan IDI dan Dinas Kesehatan. Seperti program imunisasi, khitanan massal hingga pengobatan gratis.

Sementara itu, Ketua IIDI Kota Pekalongan, Suharlin Zaenal mengatakan, dalam waktu dekat akan segera menyusun program kerja. Mengingat kepengurusan IIDI baru terbentuk. “Kami kebetulan baru, sehingga hari ini kami kumpulkan dulu untuk saling mengenal dan koordinasi,” katanya.

Salah satu program yang akan dibuat yakni terkait peran serta IIDI Kota Pekalongan dalam upaya mencegah stunting. “Nanti kami akan menghubungi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan untuk program stunting,” tukasnya. Menurut dia, selama ini IIDI Kota Pekalongan telah melaksanakan beberapa kegiatan, di antaranya bidang kesehatan dan sosial, seperti membantu korban terdampak rob.

Acara Silaturahim Keluarga Ikatan Istri Dokter Indonesia se-Wilayah Pekalongan diisi dengan Kajian Ilmiah Kesehatan yang disampaikan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, dr Yusuf Khairul, Sp. Ot bertema Bone to Nature. Selain itu juga diramaikan dengan bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) berbagai produk. (nul)