Jelang Pilkades, Pemohon SKCK Naik 20 Persen

by
Jelang Pilkades, Pemohon SKCK Naik 20 Persen
INTERAKSI - Wakil Kepala Kepolisian Resor Batang, Kompol Hartono berinteraksi dengan sejumlah pemohon pembuatan SKCK. M DHIA THUFAIL

BATANG – Ruang tunggu pelayanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) Polres Batang beberapa hari terakhir ini selalu penuh. Sebagian pemohonnya merupakan para bakal calon kepala desa (bacakades) yang akan berkompetisi di Pilkades serentak, akhir September mendatang.

Jelang Pilkades, Pemohon SKCK Naik 20 Persen
INTERAKSI – Wakil Kepala Kepolisian Resor Batang, Kompol Hartono berinteraksi dengan sejumlah pemohon pembuatan SKCK. M DHIA THUFAIL

Wakapolres Batang, Kompol Hartono, saat ditemui Selasa (30/7) kemarin mengatakan, ada kenaikan sebesar 20 persen pemohon pembuatan SKCK di Mapolres Batang menjelang pembukaan pendaftaran Pilkades 2019.

“Pemohon SKCK membludak, sangat meningkat dibanding hari biasa. Peningkatan pengurusan SKCK karena ada pendaftaran calon kepala desa yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 16 Agustus 2019 nanti. Adapun surat SKCK ini dibutuhkan untuk syarat pendaftaran Pilkades,” ungkap Kompol Hartono.

Dijelaskan, Bulan Juni kemarin, Polres telah melayani 216 pemohon SKCK. Jumlah itu meningkat di Bulan Juli menjadi 542 pemohon. “Dan diperkirakan jumlah ini masih akan meningkat hingga Agustus nanti,” terangnya.

Ditambahkan dia, dengan adanya penilaian dari ombudsmen dan iktikad Polres Batang membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, maka pihaknya terus berupaya membenahi pelayanan masyarakat, salah satunya SKCK.

“Kami mempermudah dan mempersingkat waktu pengurusan SKCK. Dulunya pelayanan sidik jari terpisah dengan ruang pelayanan SKCK, kini kita dekatkan, sehingga tidak lagi menyulitkan para pemohon,” jelas Wakapolres.

Abdul Mukti, satu di antara pemohon mengatakan telah sebulanan ini menyiapkan berkas pendaftaran Pilkades. Dia mengurus pembuatan SKCK terlebih dahulu, Setelah itu baru administrasi lainnya.

“Alhamdulillah, tidak ada kendala dalam pengurusan SKCK, semuanya lancar. Pelayanannya pun cukup cepat, tadi di Polsek tidak ada 1 jam, di Polres ini juga cepat,” ungkap bacakades Desa Tersono, Kecamatan Tersono itu. (fel)