Rutin Gelar Fire Drill

oleh -
2 - Hotel Santika Pekalongan
FIRE DRILL - Karyawan Hotel Santika Pekalongan melakukan simulasi pemadaman api atau pemadaman kebakaran didepan gedung Hotel Santika Pekalongan. IST

*Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN – Hotel Santika Pekalongan rutin mengadakan fire drill setiap 6 bulan sekali, berdasarkan Basic Operation Manual Santika. Tujuannya untuk membiasakan penghuni terhadap prosedur darurat saat terjadi kebakaran dan mengetahui semua komponen dari tangga, pintu darurat, assembly point, dal yang terkait dengan jalur evakuasi darurat.

2 - Hotel Santika Pekalongan
FIRE DRILL – Karyawan Hotel Santika Pekalongan melakukan simulasi pemadaman api atau pemadaman kebakaran didepan gedung Hotel Santika Pekalongan. IST

“Fire drill ini memang rutin diadakan 6 bulan sekali di Hotel Santika dan tujuannya untuk melatih kesigapan karyawan menghadapi keadaan darurat seperti kebakaran,” jelas PR Hotel Santika Pekalongan, Ika Novia.

Dijelaskan, Fire Drill adalah simulasi kondisi kebakaran untuk mengetahui berapa kecepatan reaksi dari tim fire fighting, fire warden dan penghuni gedung dalam ancaman bahaya kebakaran.

Simulasi ini penting terutama bagi perusahaan yang memiliki gedung besar dan jumlah penghuni di dalamnya yang tergolong banyak. Walaupun banyak atau sedikitnya penghuni gedung sebenarnya tetap harus mengutamakan keselamatan penghuni gedung tersebut.

Partisipan dari fire drill ini adalah seluruh karyawan Hotel Santika Pekalongan dan tamu dari Hotel Santika Pekalongan (apabila berkenan). “Jadi setiap hari ada tim komando pengendalian krisis atau yang sering disebut kondalsis, dan setiap hari tim itu di update berdasarkan jumlah karyawan yang ada di hotel,” kata Ika Novia.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran, Hotel Santika Pekalongan dilengkapi dengan alat pendeteksi api yaitu smoke detector dan heat detector. Selain itu Hotel Santika Pekalongan juga menyediakan alat pemadam kebakaran seperti APAR CO, APAR Powder, APAR Liquid Foam dan Fire Blanket. Alat pemadam kebakaran ini disediakan di setiap lantai dan koridor. (rl/dal)