Guru Harus Bisa Digugu Lan Ditiru

by
Mubariyyin, Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang
Mubariyyin, Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang

Guru adalah profesi mulia. Orang-orang yang terpilih atau memilih berprofesi sebagai guru adalah orang-orang yang berkesempatan mentransfer pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain. Karenanya, manfaatkan sebaik mungkin kesempatan itu menjadi kesempatan terbaik untuk menyampaikan kebaikan dan mempengaruhi orang lain menjadi orang yang baik. Materi pembelajaran hanyalah materi yang tingkat ketersampaiaannya tergantung dari kualitas penyampainya.

Mubariyyin, Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang
Mubariyyin, Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang

Demikian disampaikan oleh Mubariyin yang saat ini menjabat sebagai Kepala SD Muhammadiyah 01 kandang Panjang Kota Pekalongan.
Menurutnya, Guru tidak boleh hadir di kelas hanya dalam rangka menggugurkan kewajiban tanpa ruh. Guru harus hadir dengan hati agar apa yang disampaikan juga sampai ke hati.

Apa yang disampaikan akan didengar bukan dengan keterpaksaan dan ketakutan tapi didengar dengan kesadaran dan penuh ketaatan. “Guru harus punya karakter mulia jika menginginkan siswa didiknya juga berkarakter mulia” ungkapnya.

Sebagai bentuk keseriusan terhadap harapannya ini, dia menginstrusikan kepada guru yang ada di sekolahnya untuk sempatkan paginya ada dhuha dan ada Al qur’an di tiap meja kerjanya agar ada tadarus di tiap harinya.

“Ínsyaaallah jika rohaniyah setiap guru terjaga, tanpa dimintapun mereka akan siapkan pembelajaran dengan baik. Termasuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang seharusnya mereka siapkan” begitu pungkasnya.(mal)