Siswa Kurang, Pendaftaran Diperpanjang

by

BATANG – Beberapa sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Batang masih kekurangan siswa, meski pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 telah berakhir. Karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat memutuskan memperpanjang waktu pendaftaran bagi sekolah-sekolah dimaksud melalui sistem gelombang kedua.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Bidang Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono, saat diwawancarai Jumat (5/7) kemarin. Pihaknya memperbolehkan adanya pendaftaran gelombang dua, asalkan tenggang waktunya dilakukan sebelum awal tahun ajaran baru.

“Jadi kalau sudah masuk tanggal 15 juli sudah tidak diperbolehkan. Sebisa mungkin sebelum tanggal 13 sudah bisa kelar semuanya. Harapannya, siswa yang tidak diterima di sekolah yang didaftar bisa mencabut berkas dan pindah ke sekolah terdekat yang masih kekurangan siswa,” terangnya.

Menurut Sabar, meski kurang, namun pihaknya optimis akan ada tambahan pendaftar di tahap dua. Pasalnya, masih banyak siswa yang tidak diterima di sekolah lain yang belum mencabut berkas. Harapannya, siswa yang belum tertampung tersebut dapat disalurkan ke sekolah yang masih membutuhkan.

Kepala SMPN 8 Batang, Santoso menjelaskan, pihaknya juga akan melaksanakan instruksi dinas terkait pendaftaran gelombang dua. Pihaknya juga optimis, nantinya akan ada tambahan siswa yang hingga kemarin berjumlah 119 dari daya tampung 160 siswa.

“Sesuai dengan intruksi tentunya masih akan tampung sesuai dengan kemampuan kami. Untuk tahun lalu kami ada sekitar 129 siswa yang masuk. Kami harap tahun ini bisa lebih banyak. Target tahun ini ada 160 siswa yang diharapkan bisa mengisi daya tampung sekolah kami,” tandasnya. (nov)