Seluruh SMP Sudah Gunakan K-13, Guru dan KS Dibintek

by
Seluruh SMP Sudah Gunakan K-13, Guru dan KS Dibintek
PRAKTEK - Peserta Bimtek K-13 saat berdiskusi membuat RPP yang memuat Literasi, Karakter, Kecakapan abad 21 dan soal HOTS. NOVIA

BATANG – Ratusan guru dan kepala Sekolah tingkat SMP di Batang menggelar bimtek pemantapan Kurikulum 2013 (K-13). Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi pendidik dan kepala sekolah. Sehingga bisa menjalankan K-13 sesuai dengan yang telah dianjurkan.

Seluruh SMP Sudah Gunakan K-13, Guru dan KS Dibintek
PRAKTEK – Peserta Bimtek K-13 saat berdiskusi membuat RPP yang memuat Literasi, Karakter, Kecakapan abad 21 dan soal HOTS. NOVIA

“Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi guru dan kepala sekolah. Apalagi kini SMP di Batang sudah seluruhnya menjalankan K-13,” terang salah satu pemateri, Dra Hj Eminingsih MPd saat wawancara, Kamis (27/6).

Kegiatan bimtek ini dilakukan mulai 26-27 Juni, di dua tempat. Yakni di SMPN 1 Batang dan SMPN 1 Kandeman. Peserta bimtek kali ini mencapai sekitar 435 orang.

“Materinya banyak sekali, karena ini sebagai bekal para guru untuk menghadapi tahun ajaran baru. Sengaja dilakukan ketika liburan, agar liburan pun lebih produktif. Dalam kesempatan ini peserta juga diajarkan membuat RPP yang memuat Literasi, Karakter, Kecakapan abad 21 dan soal HOTS,” imbuh pengajar SMPN 3 Batang ini.

Sementara itu Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufik berharap, K-13 dapat mendorong terciptanya generasi literasi. Pasalnya siswa tak hanya sekadar jadi objek. Tapi mereka juga mengeksplor materi dari berbagai sumber.

““Kami harap dengan penerapan K-13 ini dapat mendorong terciptanya generasi literasi di Kabupaten Batang. Karena di K-13 ini anak didorong untuk lebih mandiri dalam mencari sumber pembelajaran. Baik itu melalui pembelajaran di kelas maupun di luar kelas,” harapnya. (nov)