Radar Pendidikan

Dewan Ambalan SMK Baitussalam Beri Santunan Anak Yatim

SMK Baitussalam

BERI SANTUNAN – Dewan Ambalan SMK Baitussalam beri santunan kepada anak yatim di panti asuhan YP Antik Kradenan, Sabtu (9/12).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

MEDONO – Dewan Ambalan Syekh Yusuf dan Cut Nyak Dien SMK Baitussalam memberikan santunan kepada Panti Asuhan Yayasan Pemeliharaan Anak Yatim (YP ANTIK) Kradenan, Sabtu (9/12). Santunan digelar bersamaan dengan kegiatan Sabtu Sehat dan Sabtu Sosial yang menjadi agenda rutin. Sesi Sabtu Sehat diisi dengan bersepeda santai, sedangkan sesi Sabtu Sosial diisi dengan pemberian santunan.

Pembina Pramuka SMK Baitussalam, Agung Dharmawan SPd, menuturkan pada mulanya, kegiatan Hari Bersih, Sehat, dan Sosial, rutin digelar pada Jumat. Namun, semenjak sekolah menetapkan kebijakan lima hari sekolah, maka kegiatan tersebut digelar pada hari Sabtu.

“Biasanya kita melaksanakan kegiatan ini seminggu dua kali dengan mengambil satu sesi. Karena menjelang liburan, kita gabungkan dua sesi, yakni Sabtu Sehat dan Sabtu Sosial,” ungkapnya kepada Radar, Sabtu (9/12).

Dijelaskan, rombongan yang berjumlah 35 siswa dan 1 pembina tersebut berkumpul di sekolah, kemudian bersepeda melewati rute ke Yosorejo, Duwet, Watusalam, Kertoharjo, dan berakhir di Kradenan. Sesampai di panti asuhan, rombongan menyerahkan santunan berupa uang yang berasal dari sumbangan seluruh anggota pramuka SMK Baitussalam. “Karena ini program kerja dewan ambalan, sumber dana untuk santunan murni dari seluruh anggota pramuka,” ujar Agung, sapaan akrabnya.

Disebutkan, santunan ini bukan kali pertama digelar oleh dewan ambalan. Sebelumnya, rombongan pernah memberikan santunan kepada panti asuhan di Klego dan Keputran. Lebih lanjut Agung menuturkan bahwa Panti Asuhan YP Antik sengaja dipilih karena salah satu siswa SMK Baitussalam berasal dari panti asuhan ini.

“Referensi dari salah satu siswa kami yang juga tinggal di sini, jadi informasi akurat. Kemudian kami lihat panti asuhan ini belum besar, sehingga kami pikir masih membutuhkan bantuan,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Agung berharap siswa mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam bidang sosial. Dirinya juga berharap para siswa dapat saling membantu dan bekerja keras dalam menjalani kehidupan, serta mampu menghormati dan menyayangi orang tua, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments