Radar Kajen

Gema Setia Tingkat Kecamatan Dikukuhkan

Gema Setia

KUKUHKAN – Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi saat mengukuhkan kader Gema Setia Kecamatan Talun, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Keberhasilan pembangunan kesehatan salah satunya ditentukan oleh tinggi rendahnya Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Angka Kematian Anak Balita. Kondisi saat ini menunjukkan masih tingginya kasus kematian ibu, bayi dan balita di Kabupaten Pekalongan. Untuk itu Pemkab Pekalongan melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TP PKK mengukuhkan Gema Setia “Gerakan Masyarakat Stop kematian Ibu dan Anak” ditingkat Kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dr Sutanto Setiabudi MKes dalam mengatakan, Talun adalah Kecamatan paling awal yang mendeklarasikan Gema Setia. terimakasih karena Kecamatan Talun begitu tanggapnya dengan kegiatan ini.

“Pembentukan Gema Setia adalah salah satu upaya menyelamatkan ibu, dan bayi yang masih dikandung, sampai betul-betul selamat hingga balita,” kata Sutanto, kemarin.

Dalam kegiatan tersebut dibagikan suplemen gizi yaitu Nutrilite Little Bits kepada 43 Balita Gizi Kurang di Kecamatan Talun. ini bentuk kerjasama Pemerintah Kabupaten Pekalongan dengan Amway Peduli untuk Peningkatan Program Gizi Balita di Kabupaten Pekalongan.

Selain Kepala Dinas Kesehatan, pengukuhan Gema Setia di Kecamatan Talun juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Camat Talun Ajid Suryo Pratondo, Ketua TP PKK Talun, Muspika Kecamatan Talun, Kepala Puskesmas Talun, Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Talun, Tokoh Masyarakat, Relawan Gema Setia Kecamatan Talun dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan yang sekaligus Ketua Gema Setia Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi menyampaikan rasa terimakasih kepada Dinas Kesehatan, Camat Talun, TP PKK Kecamatan Talun, Kepala Puskesmas Talun dan pihak terkait yang telah memfasilitasi pengukuhan Gema Setia ini.

“Hal ini menujukan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan terutama dalam upaya penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita”. ungkapnya.

“Pemahaman masyarakat tentang sadar gizi dipandang perlu untuk ditingkatkan dalam rangka memberikan dorongan agar terjadi gerakan masyarakat sadar gizi. Sehingga perlu diadakan gerakan masyarakat seperti Gema Setia ini,” kata Munafah.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Talun Ajid Suryo Pratondo mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung apa yang sudah di canangkan oleh Ketua PKK Kabupaten Pekalongan. Dengan terbentuknya Gema Setia di Kecamatan Talun, diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi baru terkait menekan angka kematian ibu, bayi dan balita.

“Kader posyandu amati keluarga sehat dan Alhamdulillah sudah di dukung oleh semua Kepala Desa se-Kecamatan Talun,” ujarnya. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments