Persiapan Mudik, Dishub Lakukan Ramp Cek

by
Persiapan Mudik, Dishub Lakukan Ramp Cek
CEK - Dinas Perhubungan Kabupaten Batang melakukan ramp cek pada mosa angkutan untuk persiapan lebaran 2019. M DHIA THUFAIL

BATANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang, Kamis (9/5) kemarin melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan umum di wilayah Kecamatan Limpung.

Persiapan Mudik, Dishub Lakukan Ramp Cek
CEK – Dinas Perhubungan Kabupaten Batang melakukan ramp cek pada mosa angkutan untuk persiapan lebaran 2019. M DHIA THUFAIL

Kepala Dishub Batang, Murdiono mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang kerap digunakan untuk mengangkut penumpang. “Tak ketinggalan, angkutan antar desa juga ikut kami periksa,” terangnya didampingi Kabid Pengujian Kendaraan Bermotor, Lilik Setyawan.

Pemeriksaan itu untuk memastikan kondisi semua komponen kendaraan, seperti rem, semua lampu, kondisi ban, dan sebagainya berfungsi dan laik pakai. “Ya, ramp cek ini kami lakukan untuk memastikan keamanan dan kesiapan kendaraan yang akan dipakai pemudik ataupun kendaraan umum luar kota antar provinsi pada mudik lebaran 2019 nanti,” katanya.

Selain kelaikan kendaraan, kata dia, kelengkapan SIM, STNK, dan bukti Uji KIR juga diperiksa. Menurut Murdiono, ramp cek dilakukan di dua lokasi di Limpung, yakni di PO Persada dan Terminal Limpung. “Ada belasan angkutan yang kami lakukan ramp cek, di antaranya bus AKAP dan AKDP di PO Persada dan angkutan antar desa di Terminal Limpung,” paparnya.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan, lanjut Murdiono, pihaknya tidak menemukan adanya kesalahan atau pelanggaran. Seluruh moda transportasi yang dicek itu dalam keadaan baik dan siap untuk mudik lebaran.

Adapun pelaksanaan ramp cek tahun 2019, kata Murdiono, dilakukan sebanyak empat kali. “Insya Allah mudik akan berjalan aman. Selain kegiatan ramp cek yang kita laksanakan secara rutin, mereka (angkutan) juga terkontrol dengan adanya uji kir,” terangnya.

Selain itu, ditambahkan Murdiono, tahun ini Dishub kembali menyuguhkan program mudik gratis bagi masyarakat Batang yang berada di Jakarta.

“Kita sediakan tiga unit bus yang dapat dinikmati masyarakat Batang secara gratis. Seperti tahun ketahun, titik kumpulnya di TMII,” pungkasnya. (fel)