Pemkot Rencanakan Bangun Tanggul Baru

by
Terkait Pengurangan Anggaran Tanggul, Pemkab Belum Terima Informasi Resmi
TERUS BERJALAN – Pembangunan tanggul raksasa di wilayah Kota Pekalongan yang masuk dalam paket III, terus berjalan meskipun terdapat pengurangan anggaran dari pusat senilai Rp30 miliar per paket DOK

KOTA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, berencana membangun tanggul baru berupa jalan penghubung dari Krematorium ke arah barat hingga ke wilayah Bandengan. Pembangunan tanggul baru yang berada di sepanjang bibir pantai tersebut rencananya akan dikerjakan pada tahun 2020 mendatang.

Plt Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Slamet Mulyo menjelaskan, pembangunan tanggul yang sekaligus menjadi akses jalan tersebut akan diusulkan tahun depan. “Kami akan usulkan pembangunannya tahun depan. Rencananya pembangunan dimulai dari Krematorium hingga ke wilayah Betingan, Kelurahan Bandengan. Bentuknya adalah akses jalan namun sekaligus menjadi tanggul,” tutur Slamet Mulyo.

Dibangunnya tanggul tersebut diharapkan Slamet Mulyo dapat memperkuat penahan air laut agar tidak limpas ke pemukiman. Sehingga jika terealisasi, nantinya ada tiga lapis tanggul yang melindungi pemukiman di wilayah setempat yakni geotube, tanggul baru tersebut dan juga tanggul raksasa yang dibangun pemerintah pusat.

“Dengan tiga lapis tanggul itu diharapkan dapat mencegah air laut maupun rob limpas ke pemukiman. Tahun ini kami akan perbaiki kerusakan geotube, kemudian tanggul dari pemerintah pusat juga selesai dibangun. Tahun depan kami bangun akses jalan yang sekaligus menjadi tanggul. Sehingga ada tiga lapis,” jelasnya.(nul)