Kembangkan Semangat Entrepreneur Pensiunan ASN

by
Kembangkan Semangat Entrepreneur Pensiunan ASN
DILATIH - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilatih kewirausahaan oleh Taspen dan Pemkot Pekalongan. IST

KOTA – Dalam rangka mengembangkan semangat entrepreneur, PT Taspen Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan bagi para Purnatugas ASN se-Jateng dan D.I.Y. Seminar bertajuk “Terus Berkarya dan Berwirausaha di Purnatugas” berlangsung di Hotel Pesona Kota Pekalongan, Selasa (23/4).

Kembangkan Semangat Entrepreneur Pensiunan ASN
DILATIH – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilatih kewirausahaan oleh Taspen dan Pemkot Pekalongan. IST

Wakil Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid, yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak khususnya PT Taspen Indonesia atas terselenggaranya acara tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya PT Taspen Indonesia yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan untuk berupaya menyelenggarakan acara pagi ini sehingga dapat berlangsung tertib dan lancar,” ucap Afzan.

Dituturkan Afzan, seminar ini sangat penting untuk memberikan bekal dan pengetahuan mengenai kewirausahaan bagi para ASN yang akan purnatugas agar mereka siap menyambut hari tua dengan diisi kegiatan bermanfaat.

“Agak sulit memang kalau baru merencanakan yang harusnya sudah direncanakan 2-3 tahun sebelum memasuki purnatugas. Kembali lagi ke skill kita untuk mau melakukan usaha apa atau tugas pasca pensiun. Ini menjadi sangat penting untuk pembekalan mereka karena di usia purna ini memang masih harus produktif,” tutur Afzan.

Sementara itu Direktur Keuangan PT Taspen Indonesia, Helmi Imam Satriyono menjelaskan acara tersebut merupakan bentuk kepedulian PT Taspen kepada para purnatugas ASN dalam mempersiapkan masa pensiun.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah karena ini merupakan program kami di tahun ini dalam berusaha meningkatkan pelayanan dan memberikan manfaat kepada para ASN khususnya yang memasuki masa pensiun, salah satunya melalui program wirausaha ini bahwa dalam memasuki purnatugas, banyak sekali potensi-potensi peluang yang dilakukan para ASN setelah pensiun,” jelas Helmi.

Helmy menerangkan berdasarkan survey, 45% Purnatugas ASN menginginkan berwirausaha menjelang masa pensiun sehingga pihaknya akan berkomitmen membantu mendampingi para purnatugas untuk tetap bisa berkarya dan produktif. Pada tahun 2019 secara nasional terdapat 135 ribh pensiun. Dengan banyaknya pensiun tersebut diharapkan mereka dapat mempersiapkan sejak dini sebelum masa pensiun itu datang.

“Oleh karena itu kami akan bekerjasama dengan Pemda untuk merealisasikan dan membantu dengan cara mendampingi mereka agar sejahtera di masa pensiun dan melakukan kegiatan yang positif. Jadi follow up nya adalah pendampingan, kami menghadirkan narasumber dan bekerjasama dengan BUMN lain seperti Bulog yang punya program Rumah Pangan Kita, para pensiun bisa menjadi agen dari program tersebut supaya nanti akan merasa didampingi termasuk kalau diperlukan pembiayaan, kami memiliki mitra buyer yang bisa diajak kerjasama,” terang Helmi.

Helmi menambahkan para purnatugas ASN akan mendapatkan Layanan Klaim Otomatis (LKO) yang merupakan salah satu program Taspen Life dari PT Taspen (persero) yang khusus melayani ASN yang akan memasuki usia pensiun, dimana pembayaran haknya akan dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengurus dan datang ke PT Taspen (persero).

“Salah satu penembangan layanan kita adalah layanan klaim otomatis dengan digitalisasi dari pembayaran sudah menggunakan autentifikasi sehingga memudahkan mereka. Para pensiun tidak perlu ke kantor, dengan smartphone mereka dana pensiun mereka bisa langsung masuk ke rekening mereka,” sambung Helmi. (dur)