Radar Jateng

Mbah Moen Nyoblos Jelang Penutupan

Mbah Moen Nyoblos Jelang Penutupan

SELESAI NYOBLOS: KH Maimoen Zubair memasukkan surat suara usai mencoblos pada Pilkades Karangmangu, Sarang kemarin.
KHOLID HAZMI/RADAR KUDUS

REMBANG – KH Maimoen Zubair menggunakan hak pilihnya dalam Pilkades Karangmangu, Kecamatan Sarang, kemarin. Pengasuh Ponpes Al Anwar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekitar 20 menit sebelum penutupan pencoblosan.

Pilkades serentak di delapan desa digelar kemarin. Salah satunya di Desa Karangmangu. Antusiasme masyarakat setempat terbilang tinggi. Panitia yang sudah menyiapkan pengeras suara. Tak jadi memanggil satu per satu pemilih.

Panitia membuat pagar dari bambu yang melintang di pintu masuk gedung pertemuan desa dijadikan TPS. Warga berdesakan di pintu masuk. Aparat keamanan, baik linmas, TNI dan polisi turut menjaga pintu masuk itu.

Khusus perempuan dan lansia, diberi jalan khusus agar tak ikut dalam antrean. Banyaknya warga yang antre membuat panitia meniadakan jam istirahat. Maklum, dari delapan desa yang menggelar Pilkades, Desa Karangmangu mempunyai Daftar Pemilih Tetap (DPT) paling banyak. Yakni, 3.007 pemilih.

Diantara antrean warga itu, tampak putra dari KH Maimoen Zubair yang akan mencoblos. Majid Kamil yang juga ketua DPRD Kabupaten Rembang datang ke TPS dan mencoblos pagi hari. Pria yang akrab disapa Gus Kamil itu melanjutkan perjalanan ke Rembang untuk bergabung dengan tim pemantau Pilkades.

Pencoblosan atau pemungutan suara ditutup sekitar pukul 14.00. Sekitar 30 menit sebelum penutupan, panitia mengumumkan lewat pengeras suara agar warga yang belum menggunakan hak pilihnya segera mencoblos.

Sekitar pukul 13.40, KH Maimoen Zubair datang ke TPS menggunakan mobil. Mustasyar PBNU didampingi keluarga. Salah satunya putranya Idror Maimoen. Seperti pemilih pada umumnya, Mbah Moen menyerahkan undangan ke panitia di dekat pintu masuk aula atau TPS.

Panitia memberikan surat suara. Mbah Moen langsung menuju bilik suara untuk menggunakan hak pilih. Tak lama, Mbah Moen keluar dari bilik suara dan memasukkan surat suara ke kotak suara.

Usai memasukkan surat suara, Mbah Moen tersenyum sambil melambaikan tangan ke panitia. Sebelum meninggalkan TPS, Mbah Moen menyempatkan diri menyalami dua calon kades setempat. Yakni, Jumali dan Eny Sugiarti.

Camat Sarang Muttaqin mengapresiasi tingginya peran serta masyarakat dalam Pilkades Karangmangu. Dia berharap siapapun yang terpilih bisa merealisasikan visi misinya. “Semangatnya luar biasa. Kami berharap siapapun nanti tetap memberikan layanan kepada masyarakat tanpa membedakan pendukung atau tidak,” jelasnya. (lid)

Facebook Comments