Polresta Surakarta Kena Hoax Video Bagi Sembako Jokowi

oleh -

SOLO – Merebaknya berita maupun video hoax jelang pemilu kian meresahkan. Kali ini video hoax juga menyasar Polresta Surakarta.

Akun Instagram @sekilasinfo_

Dalam akun Instagram sekilasinfo_ ada unggahan video anggota Polresta Surakarta membantu membagikan sembako dari Presiden Joko Widodo di Pasar Gede. Dalam video berdurasi 45 detik ini terlihat Kapolsek Jebres Kompol Juliana membagikan paket sembako kepada buruh gendong.

Padahal, kegiatan dalam video tersebut terjadi pada bulan Ramadan 2017 lalu. Namun oleh akun tersebut, informasinya dipelintir bahwa di sana anggota kepolisian membantu kampanye calon presiden (capres) 01 Joko Widodo.

Video yang diunggah pada Rabu (3/4) itu lantas menjadi viral. Berbagai komentar bermunculan. Ada yang percaya, ada yang ragu, ada pula yang jelas tidak percaya dengan unggahan tersebut.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo menegaskan, informasi yang diunggah tersebut hoax. “Kalau pembagian sembako, benar. Jadi, pada 28 Juni 2017 saya masih ingat. Ada pembagian sembako di Kota Solo. Dan setiap ada kegiatan sosial yang dilakukan masyarakat, polisi wajib hadir mengamankan,” kata Ribut Rabu (3/4).

Namun, dengan adanya hoax atas video tersebut, nama instansi Polri menjadi tercoreng. Ribut menegaskan kalau instansi Polri tetap netral. “Kami akan mengusut secara tegas penyebar video tersebut. Sudah kami sampaikan,” tegas dia. (radarsolo)