Polisi Jaga Ketat Pelipatan Surat Suara Pemilu

by
KETAT - Sejumlah anggota Polres Pekalongan memperketat penjagaan pelipatan surat suara di Gudang KPU. TRIYONO
KETAT – Sejumlah anggota Polres Pekalongan memperketat penjagaan pelipatan surat suara di Gudang KPU. TRIYONO

KAJEN – Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 yang berlangsung di Gudang dan Kantor KPU Kabupaten Pekalongan dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Penjagaan dilakukan guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan dalam proses demokrasi 17 April 2019 mendatang.

Sepeti diketahui, setelah logistik surat suara Pemilu tiba di Gudang KPU Kabupaten Pekalongan, Komisioner kini telah melaksanakan penyortoran sekaligus pelipatan. Adapun dalam pelipatan tersebut setidaknya KPU melibatkan sebanyak 500 warga sekitar guna mempersingkat penyortiran dan pelipatan.

Surat suara tersebut terdiri dari Pilpres, DPRD RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, yang dikerjakan di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pakalongan.

Dalam kesempatan itu, anggota polisi yang bertugas telah memeriksa setiap warga yang terlibat menjadi tenaga pelipatan surat suara Pemilu.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melalui Kasubbag Humas Ipda Akrom menyampaikan bahwa dalam kegiatan pelipatan surat suara tersebut pihaknya melakukan pengamanan dengan melibatkan Polisi Wanita (Polwan). Sebab sebagian besar tenaga pelipat merupakan wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

“Ya, kami libatkan polwan untuk pemeriksaan tenaga pelipat surat suara yang wanita, biar lebih gampang saat memeriksa karena sesama wanita. Sedangkan untuk yang laki laki ada angggota juga yang telah siaga,” katanya.

Melalui pengamanan di lokasi pelipatan surat suara di gudang KPU Kabupaten Pekalongan dimaksudkan untuk menghindari terjadinya permasalahan dengan surat suara, baik dalam bentuk surat suara hilang maupun potensi penyalahgunaan terhadap material surat suara tersebut.

“Karena segala gangguan tetap kami upayakan untuk mengantisipasi. Maka dari itu Polres Pekalongan menerjunkan sejumlah personel di lokasi, baik di gudang atau di KPU,” terangnya.

Adapun metode pengamanan dilakukan dari tahap awal yaitu sterilisasi dan dilanjutkan pemeriksaan tenaga pelipatan. Pemeriksaan sendiri dimulai dari petugas pelipat memasuki tempat hingga meninggalkan tempat pelipatan.

“Memang pengamanan ini wajib kami lakukan untuk menjaga Pemilu 2019 berjalan dengan lancar aman, damai dan sejuk,” imbuhnya. (yon)