Radar Tegal

Rekom PDIP Turun

SLAWI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rencananya akan menurunkan rekomendasi kepada bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Tegal di bulan ini. Meski sudah memastikan jadwalnya, tapi partai moncong putih itu belum bisa menyebutkan nama bakal calon yang akan mendapatkan rekomendasi.

“Mudah-mudahan di bulan ini rekomendasi turun, untuk namanya, kita belum tahu,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tegal, Rustoyo, saat dihubungi, Selasa (5/12).

Pentolan PDI Perjuangan ini menghembuskan, kriteria untuk balon bupati dan wakil bupati yang diusung partai besutan Megawati itu dipastikan memiliki elektabilitas yang tinggi, dan popularitas atau dikenal publik, serta memiliki kapabilitas atau kemampuan yang handal. Dirinya tak menampik, dari 6 balon yang sudah mendaftar melalui PDI Perjuangan, dipastikan memiliki tiga kriteria tersebut.

Rustoyo mengungkapkan, 6 balon itu antara lain, Haron Bagas Prakosa (balon bupati), Dokter Edi Utomo (balon bupati), Dokter Budi Sutrisno (balon bupati), Suhadi (balon bupati), Abdul Aziz (balon wakil bupati), dan Rita Iryanti (balon wakil bupati).

Menurut Rustoyo, kendati para balon itu mendaftar sebagai bupati, tidak menutup kemungkinan rekomendasi yang turun justru sebagai wakil bupati. Begitu pula sebaliknya, jika ada yang mendaftar sebagai wakil, rekomendasi yang turun justru menjadi bupati.

“Apabila itu terjadi, maka kita harus patuh. Karena DPP memiliki kewenangan. DPP juga tentunya melakukan survey ke bawah,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal ini.

Sejauh ini, Rustoyo tidak menutup bagi partai lain yang hendak berkoalisi dengan partai yang memiliki 11 kursi di gedung parlemen itu. Dia mengaku, ada beberapa signal dari partai lain yang hendak bergabung dengan partainya. Meski demikian, dia tidak bisa menyebutkan nama partai tersebut.

“Pada prinsipnya, tujuan kita harus sama, yaitu mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tegal,” cetusnya.

Dia juga menghimbau kepada seluruh jajaran pengurus partai dari tingkat DPC, PAC, Ranting, hingga anak ranting supaya tegak lurus terhadap perintah partai. Utamanya pada rekomendasi balon yang dalam waktu dekat ini akan diturunkan dari DPP.

“Sekarang ini, kami berupaya keras untuk selalu mensolidkan, dan merapatkan barisan, serta berkoordinasi dengan semua elemen struktur partai supaya patuh terhadap perintah partai,” tandasnya. (yer)

Facebook Comments