Peduli Lingkungan, Warga Binaan Rutan Tanam Pohon

by
Peduli Lingkungan, Warga Binaan Rutan Tanam Pohon
TANAM POHON - Warga binaan Rutan Kelas IIA Pekalongan bersama para pegawai setempat melakukan penanaman pohon mahoni di lingkungan luar rutan setempat, Jumat (22/3). WAHYU HIDAYAT

KOTA – Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan melaksanakan penghijauan dan penanaman pohon di lingkungan Rutan setempat, Jumat (22/3) pagi.

Peduli Lingkungan, Warga Binaan Rutan Tanam Pohon
TANAM POHON – Warga binaan Rutan Kelas IIA Pekalongan bersama para pegawai setempat melakukan penanaman pohon mahoni di lingkungan luar rutan setempat, Jumat (22/3). WAHYU HIDAYAT

Kegiatan diikuti 16 orang perwakilan warga binaan pemasyarakatan Rutan Pekalongan. Belasan warga binaan yang tergabung dalam “Pasukan Merah Putih” itu menanam puluhan batang pohon Mahoni di sekeliling lingkungan Rutan yang juga dikenal sebagai ‘Rutan Lodji’ tersebut, bersama para sipir dan staf Rutan Kelas IIA Pekalongan.

Kepala Rutan Pekalongan, diwakili Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Suharto Laksono, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 tahun 2019. Kegiatan serupa juga secara serentak dilaksanakan oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Indonesia. “Kegiatan pagi ini adalah penanaman pohon dalam rangka untuk penghijauan atas instruksi dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkuham RI,” tutur Laksono.

Diharapkan, dengan penanaman pohon tersebut, dapat membantu meminimalisir potensi banjir di lingkungan setempat. Selain itu dalam rangka menekankan nilai-nilai positif kepada para warga binaan agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. “Kita hidup di dunia bersama dengan makhluk hidup lain termasuk tanaman yang harus dirawat agar tanaman tersebut memberi manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia,” jelas Laksono.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada DLH Kota Pekalongan, Endarwanto, menambahkan kgiatan tersebut merupakan salah satu wujud sinergitas antara Pemkot Pekalongan dengan Rutan Pekalongan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman pohon juga dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-113 Kota Pekalongan tahun 2019. Kegiatan serupa juga sudah dilaksanakan di Kelurahan Tirto, Pekalongan Barat.

“Kebetulan Kota Pekalongan punya kegiatan, dari rutan juga punya kegiatan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan dari Kemenkuham, jadi kita padukan,” jelas Endarwanto.

Ditambahkan Endarwanto, DLH siap memfasilitasi bibit tanaman keras berupa tanaman yang ditanam di bahu jalan seperti mahoni, ketapang dan sebagainya bagi warga binaan atau masyarakat yang menginginkan bantuan bibit pohon. (way)