KPU Batang Terima 3.676 Boks Surat Suara

by -
BONGKAR - Tim KPU didampingi instansi terakit saat membongkar kontainer yang berisi box surat suara di Gudang KPU Tegalsari Kandeman, Selasa (19/3). NOVIA ROCHMAWATI
BONGKAR – Tim KPU didampingi instansi terakit saat membongkar kontainer yang berisi box surat suara di Gudang KPU Tegalsari Kandeman, Selasa (19/3). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – KPU Batang kembali menerima kebutuhan logistik berupa surat suara, Selasa (13/9). Setelah sebelumnya menerima surat suara Pilpres, pagi kemarin KPU menerima tiga jenis surat suara yang totalnya mencapai 3.676 boks dan langsung disimpan di Gudang KPU Batang, meliputi Surat Suara DPD RI sejumlah 1.237 boks atau 618.416 lembar.

Kemudian Surat Suara DPR RI Dapil Jateng 10 sejumlah 1.239 boks atau 619.416 lembar. Dan terakhir surat suara DPRD Provinsi Dapil Jateng 13 sejumlah 1.200 boks atau 600.000 lembar.

“Pagi ini kami terima tiga surat suara pemilu, meliputi Surat Suara DPD RI, DPR RI dan DPRD Prov Jateng. Untuk kedatangan mulai dini hari tadi dan untuk yang dua terakhir sampai di Batang sekitar pukul 5 pagi. Dan pengiriman serta pembongkarannya juga dikawal ketat oleh pihak kepolisian dan disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Batang,” terang Ketua KPU Batang, Nur Tofan, Selasa (13/9).

Dengan datangnya tiga surat suara itu, berarti KPU Batang masih membutuhkan satu surat suara, yakni surat suara DPRD Kabupaten Batang dan beberapa kekurangan formulir. Rencananya untuk surat suara DPRD Kabupaten akan dikirim dari penerbit balai pustaka Jumat mendatang.

Ke depan pihaknya berencana untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara. Hal itu dilakukan untuk mengetahui jumlah pasti surat suara yang sudah diterima, dan untuk mensortir surat suara yang rusak. Pelipatan dan penyortiran ini dijadwalkan mulai Kamis mendatang. KPU juga siap mengerahkan sekitar 626 petugas yang terdiri dari PPK, PPS, dan KPPS untuk membantu proses ini.

“Rencana awal untuk proses ini kami lakukan selama sehari untuk tiap surat suara. Namun berhubung datang lebih awal dan kami masih punya cukup waktu maka akan setiap surat suara akan kami garap selama dua hari. Yang awalnya kami akan menggunakan gedung Korpri untuk tambahan tempat, kami batalkan karena waktunya masih cukup jika dilaksanakan selama dua hari. Sehingga untuk penyortiran dan pelipatan ini kami akan lakukan di Gudang dan Kantor KPU saja selama dua hari untuk masing-masing surat suara,” imbuh Taufan.

Ke depan KPU juga masih akan melakukan beberapa proses sebelum pelaksanaan Pemilu. Salah satunya menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan Tahap Kedua (DPTb-2). Hal itu dilakukan setelah sebelumnya KPU sudah memberikan pelayanan permohonan A5 bagi warga yang ingin mengajukan pindah TPS, baik dari luar Batang ke Batang atau sebaliknya. (nov)