Radar Kajen

Surat Suara Masih Kurang 1.461 Lembar

KAJEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan menerima logistik surat suara pemilu presiden dan wakil presiden 2019, dari rekanan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Rabu (13/2). Pengiriman yang dijadwalkan tanggal 24 Februari, ternyata maju hingga dua Minggu.

SURAT SUARA – Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, saat menunjukkan logistik surat suara yang datang, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Jumlah surat suara yang diterima oleh KPU sebanyak 740.306 lembar terbagi dalam 371 dus. Sementara, jumlah kebutuhan surat suara untuk Pilpres di Kabupaten Pekalongan mencapai 741.767 lembar. Sehingga, masih kurang 1.461 lembar lagi.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan, surat suara pemilu untuk presiden dan wakil presiden 2019, jumlahnya masih kurang dari yang dibutuhkan.

“Untuk kekurangan 1.461 lembar ini, nanti kita akan bersurat ke KPU Provinsi. Agar kekurangan surat suara tersebut bisa terpenuhi,” kata Abi.

Disebutkan, pihaknya awalnya tidak tahu jika surat suara tersebut akan sampai ke KPU Kabupaten Pekalongan pada hari kemarin. Sebab, jadwal yang ia terima, pengiriman surat suara direncanakan baru akan sampai pada 24 Februari mendatang. “Tiba-tiba hari ini datang. Tapi Alhamdulillah, kedatangan surat suara maju sekitar 12 hari. Sehingga kita bisa melakukan persiapan lebih dini,” ujarnya.

Untuk sortir dan lipat, kata dia, akan dilakukan setelah keseluruhan surat suara datang, yang dijadwalkan pada 5 Maret nanti. Sehingga, pasca itu akan kita lakukan sortir dan lipat surat suara.

“Sekitar tanggal 10 Maret untuk sortir dan lipat,” tambahnya.

Ia menegaskan, sampai saat ini, tidak ada kendala terkait kebutuhan logistik pemilu di Kabupaten Pekalongan. Pihaknya tinggal menunggu surat suara dan formulir.

Sementara, pagi kemarin, Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, beserta puluhan anggota melaksanakan pengamanan serahterima logistik Pemilu tahun 2019 dari pihak rekanan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia kepada KPU Kabupaten Pekalongan, Rabu (13/2) pukul 08.55 Wib.

Dalam kegiatan serahterima logistik pemilu tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi rizal, Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, Anggota Bawaslu Ulil Albab dan Sekretaris KPU Sri wilujeng.

Adapun logistik Pemilu yang diserah terimakan adalah Surat suara Presiden dan wakil presiden sebanyak 371 box berisi 740.306 lembar sesuai dengan surat jalan dari perusahaan percetakan. Sedangkan untuk kertas suara caleg DPR dan DPD belum dikirim.

Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, S.H mengatakan bahwa logistik pemilu tersebut sebetulnya sudah tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Pekalongan pagi kemarin, tepatnya pukul 04.00 Wib, namun baru bisa diserahterimakan pukul 08.30 pagi. (yan)

Facebook Comments