Radar Pendidikan

22 Sekolah Berebut Juara TUB dan BB

BATANG – Sebanyak 22 sekolah dari SMP dan SMA sederajat di Batang mengikuti kegiatan lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Baris Berbaris (BB), Rabu (18/2).

IKUTI – Para pelajar SMA sederajat di Kabupaten Batang saat mengikuti kegiatan Lomba TUB dan BB.
NOVIA ROCHMAWATI

Lomba digelar oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora), sejak Selasa (17/2) di Lapangan Dracik Batang. Nantinya juara dari lomba ini dari tingkat SMP dan SMA akan maju mewakili Batang di tingkat karesidenan yang akan digelar Maret mendatang.

“Ada 22 sekolah yang mengikuti kegiatan ini, ada 13 SMA sederajat yang pelaksanaannya dilakukan hari ini. Dan juga ada 9 SMP sederajat yang pelaksanaannya sudah dilakukan kemarin. Nantinya juara setiap kategorinya akan mewakili Batang ke tingkat karesidenan, yang rencananya akan dilakukan 19-20 Maret mendatang di Brebes,” terang Kabid Pora Disparpora Batang, Siti Ghoniyah saat diwawancarai di sela-sela lomba, Rabu (18/8).

Dijelaskan, lomba ini dinilai langsung oleh beberapa pihak terkait. Seperti dari Kodim dan Polres, dan beberapa ahli yang membidangi langsung terkait TUB dan BB. Nantinya untuk para juara di masing-masing kategori akan dilatih pula oleh tim gabungan untuk memantapkan persiapan di tingkat karesidenan nanti.

Selain menjadi ajang untuk mencari perwakilan Batang, pihaknya ingin lomba ini bisa menjadi wadah siswa dalam menyalurkan potensi mereka. Khususnya bagi mereka yang ingin mendalami dunia paskibraka, kepolisian dan lainnya. Tentunya keikutsertaan mereka bisa menjadi modal untuk mengantarkan mereka ke depan.

“Kami harap para peserta dapat memetik pengalaman berharga dari lomba ini. Mereka juga bisa mendalami keahlian di bidang baris berbaris dan tata upacara. Barangkali mereka punya cita-cita di bidang kepolisian tentunya pengalaman ini menjadi modal tersendiri. Tapi kami juga harap kegiatan ini juga bisa menjadi sarana hiburan bagi mereka, agar tidak terus menerus berkutat dengan dunia akademik. Tapi juga bisa meningkatkan skill non akademik mereka,” harapnya.

Pendamping MAN Batang Akhmad Khafidin dan Victor Eko Yunianto menerangkan pihaknya optimis bisa meraih juara. Untuk persiapan sendiri sudah dilakukan sekolahnya selama sebulan lebih. Ia berharap usaha anak didiknya dapat diganjar prestasi terbaik.

“Untuk latihan sudah kami persiapkan sekitar satu bulan. Harapannya semoga bisa memberikan yang terbaik dan bisa berprestasi,” pungkas Victor. (nov)

Facebook Comments