Radar Kajen

Sandiaga Uno Temui Berbagai Elemen Masyarakat di Pekalongan

PEKALONGAN – Calon Wakil Presiden (Cawapres) no urut 2, H Sandiaga Salahudin Uno, Selasa (12/2), menggemparkan warga Kabupaten/ Kota Pekalongan. Dalam safarinya, pasangan Capres Prabowo Subianto didampingi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Jawa Tengah, Bung Ramson, dan sejumlah tim dengan menemui berbagai elemen masyarakat.

Sandiaga Uno Temui Berbagai Elemen Masyarakat di Pekalongan
JOGING – Cawapres no urut 2, Sandiaga Uno didampingi Badan Pemenangan Nasional Jawa Tengah, Bung Ramson usai joging dilanjutkan orasi di Kawasan Alun Alun Kota Pekalongan. WAHYU HIDAYAT

Pada kesempatan itu, Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, diawali dengan joging bersama ribuan warga dan para pendukungnya di Kota Pekalongan. Acara bertajuk ‘Jalan Sehat Komunitas Akal Sehat’ dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, dipusatkan di kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan.

Rute yang dilalui adalah Alun-alun – Jl Hasanudin – Jl Bandung – Jl HA Agus Salim – Jl dr Cipto – dan kembali ke kawasan Alun-alun, dengan jarak tempuh kurang lebih 2 kilometer. Kegiatan olahraga bareng ini berakhir sekira pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan orasi.

Dalam orasinya, Sandiaga berjanji akan menurunkan tarif dasar listrik jika pasangan Prabowo-Sandi menang dalam Pilpres mendatang. Adapun cara supaya tarif dasar listrik bisa murah, diantaranya dengan memakai sumber energi baru dan terbarukan. Dengan begitu, bisa menekan biaya operasional listrik.

Usai kegiatan tersebut, Sandiaga bertemu dengan kalangan pengusaha tenun dan pengrajin batik di Gedung Batik Pekajangan, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Dalam kesempatan itu, Sandiaga disambut ribuan perajin batik.

Sandiaga saat di Gedung Batik Pekajangan diminta untuk mampu mendongkrak ekonomi kerakyatan.

“Apa konsep Bang Sandi untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,” tanya Riza pengusaha kain kasa.

Sandiaga berjanji fokus membangkitkan ekonomi kerakyatan, terutama pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) apabila terpilih pada Pilpres 2019.

“Prabowo-Sandi fokus bangkitkan ekonomi rakyat, khususnya pelaku UMKM, industri, dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Insya Allah di bawah (kepemimpinan) Prabowo-Sandi, akan difokuskan pada ekonomi akan berpihak pada rakyat,” jawab Sandi yang mengenakan sarung dan pakaian prodak Pekalongan.

Sandiaga kemudian silaturami bersama manajemen dan karyawan pabrik Sarung Gajah Duduk (PT Pismatex), serta berkunjung ke kediaman Novel Maretan di Klego, Pekalongan Timur, dan ramah tamah dengan sejumlah habaib serta salat jamaah di sana. Dilanjutkan dengan pertemuan dengan kelompok nelayan dan pelaku usaha galangan kapal tradisional di kawasan Pelabuhan Kota Pekalongan.

Sedangkan dalam kesempatan itu, ia diminta untuk mengembalikan kejayaan pelabuhan Pekalongan yang sempat mendapat omset Rp 1 miliar.

“Pelabuhan ini bisa menjadi pusat perekonomian, dengan menyatukan satu pusat pertumbuhan yang terintegrasi antara sektor perikanan dan kelautan, sektor pariwisata dan juga sektor ekonomi kreatif. Karena di sini ada juga nanti industri, kuliner yang berbasis ekonomi kreatif juga bisa hadir pendekatan ini dan ini untuk membuka lapangan kerja. Disini yang Prabowo-Sandi ingin hadirkan sebuah pemerintahan yang kuat dengan keberpihakan kepada pembukaan lapangan kerja dan titik-titik seperti di Panjang Wetan ini merupakan satu potensi yang luar biasa.”

“Oleh karena itu saya juga tadi sudah sempat berjanji akan datang lagi ke sini untuk memotret suatu revitalisasi dalam suatu perwilayahan di mana beberapa sektor ini bisa bergabung bersama-sama untuk membuka lapangan pekerjaan, memastikan ekonomi itu bergerak dan memberikan peluang kepada nelayan kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan tentunya pendapatannya ekonominya terutama ekonomi rakyat. Dan ini sudah berjalan kalau tidak salah satu miliar perhari dan sudah lumayan tertata rapi mungkin integrasi secara pendekatan yang komprehensif jadi kita tidak ingin menyalahkan siapa-siapa tapi mungkin yang diperlukan setelah saya perhatikan adalah pola integrasi ini Nggak menyambung sama wisata baharinya,” kata dia.

Usai bertemu nelayan, kemudian ada pertemuan dengan Komunitas Oke-Oce Ayo Obah di Jl Toba, Pekalongan Timur dan silaturahmi ke kediaman Gus Anis dan ramah tamah dengan ulama dan kiai di Jenggot, Pekalongan Selatan.

Saat di lokasi, Sandiaga juga disambut para emak emak untuk foto bersama. Sementara Sandiaga juga menceritakan pengalamanya semasa menjalankan usahanya.

Sementara Badan Pemenangan Nasional Capres- Cawapres nomor urut 02, Bung Ramson menyatakan dengan adanya kunjungan Cawapres, Sandiaga Salahudin Uno ke Kabupaten/ Kota Pekalongan ternyata disambut antusias masyarakat dari berbagai kalangan. Baik dari kaum milenial, pembatik, karyawan, nelayan dan para emak emak cukup antusias.
“Dilihat dari kunjungan Bang Sandi ke Kabupaten dan Kota Pekalongan masyarakat cukup antusias. Ini membuktikan bahwa Pasangan Prabowo Sandi pasti menang di Jawa Tengah,” tegas anggota Komisi VII DPR RI, Jateng X, Bung Ramson.

Adapun sejumlah Tim yang mendampingi Cawapres Sandiaga, anggota DPR RI, Fraksi PAN, A. Hakam Naja, anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, H Sofwan Sumadi, Kota Pekalongan, F Gerindra, Riana, DPRD Provinsi Jateng F Gerindra, Iskandar, Caleg dan sejumlah aktivis Kabupaten dan Kota Pekalongan. (yon)

Facebook Comments