Radar Pendidikan

Giatkan Kebersihan dan Cinta Alam Menuju Sekolah Adiwiyata

BATANG – SMAN 2 Batang tengah bersemangat untuk menata sekolahnya sehijau dan sebersih mungkin. Hal ini dilakukan pihaknya dalam rangka menuju ke program sekolah adiwiyata. Tak hanya guru saja, bahkan siswa dan pengurus organisasi di SMAN 2 Batang juga turut ambil peran. Salah satunya dengan program Green With Smanda (GWS).

Giatkan Kebersihan dan Cinta Alam Menuju Sekolah Adiwiyata
BERSIHKAN – Siswa dan Anggota Ikorsmada saat membersihkan sudut-sudut di SMAN 2 Batang untuk menjadikannya sebagai sekolah hijau. NOVIA ROCHMAWATI

Program GWS sendiri dipelopori oleh Ikatan Organisasi SMAN 2 Batang (Ikorsmanda). Seperti dari OSIS, Pramuka, PMR, Cinematografi, PIK Remaja, Rohis, PKS dan organisasi lainnya. GWS sendiri merupakan lomba kebersihan yang nantinya akan memperebutkan piala bergilir.

“Green with Smanda kegiatannya bersifat lomba mbak. Yang nantinya akan memperebutkan piala bergilir. GWS sendiri bertujuan untuk program pehijauan sekolah. Dan juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi SMA N 2 BATANG untuk menjaga lingkungan sekitar. Sadar bahwa lingkungan alam tidak hanya untuk dinikmati saja namun juga untuk dijaga,” terang perwakilan Ikorsmanda, Khotibul Umam.

Ketua OSIS Smanda ini berharap GWS ini dapat menjadi modal awal sekolahnya untuk menjadi sekolah adiwiyata. Khususnya untuk membentuk mental dan karakter siswa yang lebih peduli pada lingkungan sekitar.

Kepala SMAN 2 Batang, Drs Habibi MPd mendukung usaha yang dilakukan Ikorsmanda. Khususnya dalam mendukung sekolah dalam menjadi sekolah adiwiyata. Pihaknya berharap dengan langkah ini dapat menjadikan Smada sebagai sekolah yang memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. Sehingga bisa menjaga kelestarian alam sekitar sekolah.

“Kami mendukung sekali dan mengucapkan terima kasih atas usaha-usaha Ikorsmanda dalam mengupayakan kegiatan Jumat bersih dalam Bentuk kegiatan Green with Smanda yang terdiri dari menanam tanaman, kebersihan kelas dan bank sampah. Upaya ini sangat Baik untuk mengadakan sekolah adiwiyata kedepannya. Walaupun dengan sarana peralatan yang seadanya, saya harap kegiatan seperti ini di tahun depan tetap berlanjut dan saya sangat mendukung sekali,” harap Habibi. (nov)

Facebook Comments