Metro Pekalongan

Dinarpus Dorong Kesiapan Audit Internal Kearsipan OPD

KOTA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan mendorong penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan agar sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku dengan menyelenggarakan sosialisasi audit internal kearsipan di Depo Arsip Dinarpus Kota Pekalongan, Selasa (12/2).

Dinarpus Dorong Kesiapan Audit Internal Kearsipan OPD
JELAS – Kepala Dinarpus Erly Nufiati sedang menjelaskan mengenai kearsipan pada peserta sosialisasi. MALEKHA

lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Dinarpus Kota Pekalongan akan menyelenggarakan audit internal kearsipan pada Maret sampai dengan Juli 2019 ke 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Erli Nufiati SE. “Tahun 2018 kami sudah lampaui target kinerja 74,29% dari target 73,403% arsip perangkat daerah dan kelurahan yang terkelola secara baku atau perangkat daerah tertib kearsipan,” papar Erli.

Dingkapkan Erli, permasalahan yang terjadi selama ini yakni sebagian besar perangkat daerah belum melaksanakan kearsipan sesuai aturan yang berlaku, petugas kearsipan yang ditunjuk belum melaksanakan pengelolaan secara optimal, banyak petugas yang telah mendapatkan pelatihan mengalami rotasi pegawai, rendahnya pembinaan kearsipan di lingkungan internal perangkat daerah, dan sebagian besar pimpinan OPD kurang perhatian terhadap pengelolaan arsip yang sistematis.

“Sosialisasi ini perlu dilakukan agar tiap-tiap OPD bersiap dan mulai menata arsipnya dengan rapi,” tutur Erli.

Dinarpus akan melakukan monitoring dan evaluasi kearsipan yang dilakukan LKD dan OPD agar sesuai dengan standar pengawasan kearsipan. Hasil pengawasan kearsipan dengan sistem pengawasan kearsipan yang baku akan meningkatkan kriteria tertib kearsipan perangkat daerah sehingga OPD di Kota Pekalongan dapat memenuhi kriteria kearsipan.

“Kondisi yang kami harapkan yakni setiap OPD dapat mempersiapkan diri membantu terlaksananya audit internal kearsipan yang akan dilaksanakan oleh LKD pada bulan Maret sampai dengan Juli 2019. Selain itu, adanya pembinaan internal kearsipan di OPD sehingga pembenahan kearsipan dapat dilakukan secara efisien,” pungkas Erli. (mal)

Facebook Comments