Radar Batang

Marlinda Irwanti Salurkan Bantuan 20 Ribu Program PIP Setara Rp15 M

Kemajuan suatu daerah dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusianya. Oleh karenanya, anggota komisi X DPR RI, Marlinda Irwanti berkomitmen untuk turut membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Batang. Hal itu sebagai wujud keseriusannya dalam menyampaikan aspirasi masyarakat Batang yang telah mengantarkannya menduduki kursi anggota legislatif dalam Pemilu 2014 lalu. Seperti apa? NOVIA R, Batang

Peningkatan IPM Kabupaten Batang menjadi salah satu fokus program Marlinda sebagai anggota DPR RI Jateng X. Komitmen ini dilakukan sebagai wujud morilnya kepada masyarakat Batang yang telah memilihnya dalam Pemilu 2014 lalu. Terlebih tahun 2017 skor IPM Kabupaten Batang hanya 67, selisih tiga poin dari peringkat IPM terendah se Jateng yang nilainya 64.

Marlinda Irwanti Salurkan Bantuan 20 Ribu Program PIP Setara Rp15 M
BERIKAN – Anggota Komisi X DPR RI, Marlinda Irwanti saat memberikan bantuan program PIP di Batang dan sekitarnya. NOVIA ROCHMAWATI

Salah satu wujud untuk mendukung peningkatan IPM Kabupaten Batang adalah dengan memajukan sektor pendidikan. Lewat aspirasinya, Marlinda menggelontorkan bantuan 20.000 Program Indonesia Pintar untuk anak-anak Kabupaten Batang. Salah satunya diberikan beberapa waktu lalu di Gringsing.

“Ini sebagai tanggung jawab moril saya terhadap masyarakat Batang. Apalagi dalam pemilihan tahun lalu saya mendapatkan banyak suara di Batang. Saya rasa
untuk peningkatan IPM ini merupakan tanggung jawab bersama. Dan saya ingin turut berperan membantu pemkab dalam menuntaskan permasalahan ini,” terang Marlinda.

Mantan penyiar TVRI ini tak hanya memberikan bantuan Program Indonesia Pintar lewat aspirasinya. Tetapi juga memberikan beasiswa bagi pelajar Batang untuk melanjutkan studi hingga ke Perguruan Tinggi melalui beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa kurang mampu dan Pengembangan Potensi Akademik (PPA) untuk mahasiswa mampu. Namun bantuan ini memang diperentukkan khusus pelajar yang berprestasi. Lantaran nantinya selama kuliah penerima beasiswa ini harus memiliki Indeks Prestasi (IP) yang cukup.

“Untuk anak-anak Batang yang cerdas yang ranking satu di SMA, saya memberikan program beasiswa bidik misi untuk yang kurang mampu. Dan beasiswa PPA, tidak hanya miskin tapi mampu boleh ikut lewat beasiswa PPA,” imbuhnya.
Program ini bisa diakses di beasiswamarlinda@gmail.com dan untuk info lebih lengkap bisa dikunjungi ke beberapa akun media sosial Marlinda. Seperti di akun instagram dan facebook @beasiswamarlinda dan kanal Youtube Marlinda Irwanti.

Kontribusi Marlinda tidak hanya memberikan beasiswa untuk meningkatkan angka lama belajar masyarakat. Tetapi anggota fraksi Golkar ini juga memberikan bantuan sarana dan pra sarana pembelajaran. Untuk mendukung agar pembelajaran di sekolah bisa lebih maksimal.

“Bantuan sarpras sekolah sudah ada kurang lebih 150 bantuan. Meliputi bantuan rehab gedung perpustakaan, pemberian alat kesenian, pagar sekolah dan bangunan ruang kelas baru,” cetusnya.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai dosen ini berharap langkahnya ini bisa sinkron dengan visi-misi pemkab. Sehingga angka IPM Batang dapat merangkak naik dan Batanh punya sumber daya manusia yang tak kalah dengan kota kabupaten lain di Jawa Tengah.

“Yang paling susah memang mengubah mindset masyarakat khususnya untuk sadar dalam pendidikan. Namun perlahan harus kita sadarkan, sembari kita terus meningkatkan upaya pelayanan pendidikan yang lebih baik. Karena mustahil Batang akan maju jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni,” tandasnya. (*).

Facebook Comments