Radar Pendidikan

Prodi Teknik Kimia Gelar Pelatihan Siswa

*SMK Muhammadiyah Kajen

KAJEN – Sebanyak 43 siswa dari tujuh SMP/MTs di Kabupaten Pekalongan mengikuti Pelatihan Kimia yang digelar oleh Program Studi (Prodi) Teknik Kimia SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka), Selasa (5/2).

Prodi Teknik Kimia Gelar Pelatihan Siswa
PELATIHAN – Siswa dari tujuh SMP/MTs di Kabupaten Pekalongan mengikuti Pelatihan Kimia. EKA ISDITYA

Dalam kegiatan tersebut, siswa mendapat pelatihan meliputi belajar mengolah produk kimia berbahan dasar lidah buaya, belajar penggunaan mikroskop berbasis android, pembuatan pomade, sabun dan lain sebagainya.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Kimia, Dul Sukur, mengapresiasi kepada seluruh SMP/MTs yang telah mengantarkan siswa-siswinya ke Prodi Teknik Kimia SMK Muhamka sehingga para siswa dapat belajar dan mengenal kimia secara komprehensif.

Lebih lanjut, Dul mengatakan peserta pelatihan tampak antusias dan akrab. Pelatihannya sendiri dibimbing oleh siswa dari Prodi Teknik Kimia SMK Muhamka di laboratorium Kimia. “Kita menyiapkan kegiatan ini secara khusus, siswa-siswi dari jurusan Kimia Analisis dan Kimia Industri yang telah mendapatkan pembelajaran, kini bertindak sebagai pembimbing. Sehingga proses kegiatannya santai dan akrab,” ujar Dul.

Selain pelatihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan Prodi Teknik Kimia, agar semakin dikenal ditengah-tengah masyarakat, khususnya siswa-siswi SMP/MTs, tandasnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Andriva, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi pada kegiatan pelatihan kimia ini. “Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada sekolah-sekolah dan bapak ibu pendamping yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Tentu harapannya, dengan kegiatan semacam ini, kerjasama dengan SMP/MTs dapat terus ditingkatkan,” ujar Andriva.

Sementara itu, salah seorang guru pendamping, Widodo menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan SMK Muhamka sehingga para siswanya dapat lebih mengenal SMK dengan beragam pilihan jurusan khususnya Teknik Kimia.

“Kegiatan ini memberikan gambaran terkait sekolah dan jurusan, ini sejalan dengan program BK (Bimbingan Konseling) di SMP yang juga memberikan wawasan setelah lulus dari SMP nanti. Saya perhatikan, anak-anak sangat menikmati kegiatan ini,” ujar guru pendamping dari SMP N 2 Kesesi tersebut. (yak)

Facebook Comments