Radar Batang

Logistik Pemilu Tinggal Menunggu Surat Suara dan Formulir

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang telah menerima 80 persen logistik yang akan dipergunakan pada Pemilu serentak 2019. Bahkan, logistik tersebut telah tersimpan rapi di Gudang KPU Kabupaten yang berada di depan Pabrik Primatex, masuk wilayah Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan
Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan

Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan mengatakan, dari pengadaan logistik yang dilakukan oleh KPU RI hanya surat suara dan formulir yang belum mereka terima. “Sejumlah logistik seperti bantalan, tinta, kotak suara, dan lainnya sudah datang. Yang belum hanya kotak suara dan formulir,” kata Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan, Senin (11/2).

Ia mengatakan, KPU Pusat menjadwalkan pengiraman surat suara untuk KPU Kabupaten akan mulai dilaksanakan pasa 25 Februari mendatang. Namun pengiriman itu akan dilakukan secara bertahap. “Pada jadwal yang tertera, tanggal 25 Februari nanti surat suara yang akan terlebih dulu datang ialah surat suara pemilu DPR Dapil Jawa Tengah 10 dan surat suara pemilu DPRD Prov Dapil Jawa Tengah 13. Sisanya akan dikirim pada tanggal 1 Maret nanti,” paparnya.

Jika semua surat suara tersebut tiba, pihaknya akan segera melakukan pelipatan. “Pelipatan surat suara akan kami laksanakan secepatnya setelah tiba. Barulah menyusun tahapan distribusi,” kata Tofan.

Saat ini, kata dia, KPU Kabupaten Batang juga telah merampungkan proses perakitan kotak suara, sebanyak 12.775 buah. Di mana nanti pada saat pemungutan dan penghitungan suara, di masing masing TPS akan ada 5 kotak suara dan 4 bilik suara.

“Jadi nanti dari total 12.775 kotak suara, 12.610 kotak suara di antaranya akan ada di setiap TPS, di mana masing masing TPS ada 5 kotak suara. Sedang sisanya, yakni 165 kotak suara itu untuk keperluan rekapitulasi di tingkat kecamatan, yang nanti di masing masing kecamatan akan ada 11 kotak suara,” terangnya.

Sementara itu, jumlah TPS yang akan tersebar di Kabupaten Batang ada 2.522 TPS. Kemudian, terkait kebutuhan bilik suara pada Pemilu 2019 nanti, ada 10.088, yanga akan disebar di masing masing TPS ada 4 buah bilik suara. “Nantinya, bilik suara ada dua macam, ada yang berbahan alumunium dan ada yang berbahan duplex atau karton kedap air,” ucap Tofan.

Ditambahkannya, pihaknya juga telah menyurati Partai Politik (Parpol) terkait tindak lanjut dari adanya surat KPK kepada KPU RI untuk permohonan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi Calon Legislatif (Caleg).

“Menindaklanjuti surat KPK kepada KPU RI kemudian di sampaikan ke masing masing KPU kabupaten/kota, kita sudah menyampaikan surat terkait permohonan untuk menyampaikan LHKPN Parpol dan kemudian Partai Politik menyampaikan kepada masing masing Caleg. Jadi, LHKPN itu laporannya lewat online langsung ke KPK. Adapun waktu pelaporan LHKPN ditentukan pada bulan Maret mendatang,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments