Radar Bisnis

Jasa Photobooth, Peluang Bisnis dengan Keuntungan Besar

Ada nilai rupiah pada jasa photobooth, pasangan M Mirza Kurniawan dan Zulaekha Hana Hestiani menangkapnya menjadi bisnis. Hasilnya luar biasa. Seperti apa? WIZNA HIDAYATI UMAM

BERFOTO – Keluarga konsumen sedang berfoto menggunakan jasa Akasia Art Photobooth. WIZNA HIDAYATI UMAM

Sekarang ini bisnis photobooth sangat menguntungkan. Sebab, dalam setiap event seperti pernikahan, gathering, acara kampus serta lainnya mesti membutuhkan fasilitas tambahan tersebut.

Bisnis ini menjadi kesempatan usaha yang lumayan meyakinkan. Bisa sangat menguntungkan. Dalam menjalankan bisnis photobooth bisa dibilang cukup mudah, meski ada teknik dan skill yang harus dikuasai.

Akasia Art Photobooth menawarkan jasa photo booth pernikahan. Tidak sedikit pasangan pengantin menyewa jasa photobooth, sebagai fasilitas tambahan di acara resepsi mereka.

Di resepsi pernikahan, pasangan pengantin memberikan fasilitas tamu undangan untuk berfoto dan mengabadikan momen di pernikahan mereka.

Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai jasa foto untuk event lainnya. Usaha ini sudah dijalankan pasangan M Mirza Kurniawan dan Zulaekha Hana Hestiani sejak April 2016.

Awalnya, mereka membuka usaha craft botol lilin, namun pada bulan Agustus 2016 mereka beralih ke backdrop photobooth. Awal memilih bisnis ini karena bisnis backdrop photobooth di Pekalongan masih jarang, yang artinya peluang masih besar.

“Pemasaran awal itu agak sulit dan membuat kita putus asa, karena harus mengenalkan ke orang dari mulut ke mulut dengan sample yang kita buat terus tiap bulan. Jarak empat bulan, kita baru dapat bookingan klien pertama di bulan keenam, dari situ baru muncul semangat lagi,” kata Mirza.

Perlahan tetapi pasti, bisnis yang dibangun pasangan suami istri ini menemukan pasarnya. Penyedia jasa layanan Photobooth umumnya menyasar konsumen pasangan yang hendak menikah. Selain jasa sewa photobooth, Akasia Photobooth juga membuka layanan baru yaitu foto souvenir. Foto instan yang dijadikan souvenir dipastikan akan disimpan dengan baik daripada souvenir seperti kerajinan tangan atau souvenir yang merupakan barang-barang yang mudah rusak. Disediakan juga fasilitas tv led untuk mirror kamera, pengunjung tidak perlu canggung atau mati gaya. mesin cetak yang super cepat dan canggih, jadi berapapun tamu semua akan kebagian.

Dulunya Akasia hanya fokus pada dekorasi menggunakan paperflowers karena paperflowers belum merambah di Pekalongan, namun sekarang sudah banyak. Kelebihan yang Akasia tawarkan adalah kualitas dan selalu menciptakan inovasi terbaru. Bunga artificial yang digunakan dengan kualitas premium, properti yang lain juga diganti dan terus diupdate mengikuti permintaan pasar.

Namun dengan kualitas premium, harga sewa masih berada dalam batas wajar. Harga mulai Rp1 juta hingga Rp2 juta, kecuali untuk permintaan backdrop ukuran besar, harga akan menyesuaikan. Rata-rata pihaknya memasang ukuran 2,5 meter hingga 3,5 meter.

“Kita melayani backdrop request untuk photobooth dan dekor dalam, tapi ada aja orang yang mengambil gambar di google lalu minta dibuatkan, seperti contohnya tema hello kitty, doraemon, dll. Rencananya bulan depan kita mau memasarkan dekorasi pelaminan dengan tema rustic,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments