Radar Bisnis

Gali Potensi Generasi Muda, SMK dan AHASS Jateng Bersinergi

SEMARANG – Astra Motor Jateng selaku Main Dealer sepeda motor Honda di Jawa Tengah semakin menguatkan komitmen untuk bekerjasama dengan dunia pendidikan dalam menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing tinggi di industri otomotif roda dua dengan mengadakan sinergi antara SMK dan AHASS di kantor Main Dealer Astra Motor Jateng, Jumat (8/2).

Gali Potensi Generasi Muda, SMK dan AHASS Jateng Bersinergi
SERVIS KUNJUNG – Aksi siswa SMK PGRI 1 Taman, Pemalang saat kegiatan Servis Kunjung di sekolahnya. IST

Sinergi antara 62 SMK dengan Kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Honda yang dibina oleh Astra Motor Jateng dengan 62 AHASS terpilih merupakan bentuk nyata perusahaan perusahaan dalam berkontribusi aktif mendukung dunia pendidikan vokasi di bidang otomotif roda dua.

Technical Service Region Head Astra Motor Jateng, Visiawan Andhika, mengatakan dengan pembaharuan kurikulum dari Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) menjadi Kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (KTBSM), Astra Motor Jateng perlu melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk kontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda di bidang otomotif.

Sinergi yang diwujudkan berupa kegiatan Servis Kunjung yang diadakan oleh SMK dalam kontrol kualitas AHASS dan di bawah pengawasan Astra Motor Jateng ini dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan langsung AHASS dalam pengembangan kemampuan siswa SMK.

Kegiatan Servis Kunjung ini dapat dilaksanakan di lokasi sekolah masing-masing dengan target konsumen guru dan siswa atau diadakan di lokasi lain dengan target konsumen masyarakat umum. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini akan lebih mengasah ketrampilan siswa dan semakin mempersiapkan mental mereka dalam menghadapi dunia kerja.

“Kami selaku Main Dealer berupaya secara bertahap dan konsisten untuk mengembangkan implementasi Kurikulum TBSM Honda di Jawa Tengah dengan mengajak jaringan kami untuk mencapai tujuan tersebut, selaras dengan program link and match pemerintah. Harapannya, kompetensi bidang otomotif roda dua generasi muda dapat semakin berkualitas dan bersama-sama memajukan negeri,” terang Visiawan.

Pada servis kunjung ini, siswa SMK dapat merasakan pengalaman bisnis sebagai implementasi nyata dari huruf ‘B’ dalam KTBSM dengan berlatih untuk mengelola bengkel dalam skala kecil. Selain meningkatkan pengetahuan & ketrampilan siswa, kegiatan ini dapat menjadi aktifitas promosi untuk SMK.

“Kami berharap dengan kerjasama ini dapat bersama-sama meningkatkan kompetensi siswa dan bermanfaat untuk masa depan mereka,” tutup Visiawan. (nang)

Facebook Comments