Radar Kendal

Talud Longsor, Warga Korowelang Kulon Cemas

*Jika Jebol, Ribuan Rumah Terancam Banjir

KERJABAKTI – Warga Desa Korowelang Kulon bahu membahu kerjabakti membuat tanggul darurat pancang bambu di lokasi talut longsor. NUR KHOLID MS

Kondisi talud dengan lebar enam meter itu kini hanya tersisa tiga meter. Sementara panjang longsoran mencapai 30 an meter. Longsornya talud diduga karena kondisi tanah yang labil akibat terus diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir. Terlebih, hujan juga telah memicu naiknya debit sungai, sehingga tanah tak kuat menahan beban.

Kades Korowelang Kulon, Triyono mengatakan , talud longsor sudah terjadi selama sepekan terakhir. “Hanya lima meter mulanya, tapi karena hujan terus-terusan lama-lama melebar dan memanjang. Sampai sekarang sudah lebih dari 30 meter,” katanya, Minggu (10/2).

Kondisi longsor diakuinya bisa semakin meluas jika tidak ditangani dengan baik. Karena curah hujan tinggi yang masih akan terjadi sebulan ke depan berpotensi memperparah kondisi talud yang longsor. Tak heran, lanjut Triyono, warganya mulai khawatir. Sebab jika sampai talud tanggul jebol, maka warganya akan terdampak banjir. “Jika samapai tanggul sungai jebol maka ribuan rumah terancam terkena banjir bandang,” tandasnya.

Pihaknya mengaku sudah melaporkan kondisi tersebut ke pihak kecamatan dan diteruskan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal. Saat ini penangannya oleh desa dipasang penyangga sementara dari bambu. Ia berharap talut yang longsor segera ditangani secara serius oleh Pemperintah Provinsi Jateng. “Harapannya Dinas Pusdataru Provinsi segera melakukan normalisasi dan membangun talut secara permanen. Sehingga warga tidak perlu khawatir,” timpal Triyono.

Salah satu warga, Qowmi Yaklamursalina (30) mengaku jika dirinya selalu was-was saat hujan. Pasalnya rumahya berdekatan dengan tanggul Kalibodri. “Setiap hujan deras, warga selalu memantau kondisi ketinggian air sungai. Bahkan banyak warga yang tidak berani tidur saat terjadi hujan,” katanya. (nur)

Facebook Comments