Pendaftaran PPPK, Honorer K2 Ingin Cek Nama di SSCASN BKN

by

JAKARTA – Informasi seputar pendaftaran PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap pertama jalur honorer K2 sudah bisa dilihat di sore nanti di portal sscasn.bkn.go.id.

Sejumlah honorer K2 antusias ingin segera membuka portal SSCASN (sistem seleksi calon aparatur sipil negara) yang akan di launching Badan Kepegawaian Negara (BKN) sore ini pukul 16.00 WIB.

“Pengin tahu serupa apa sih SSCASN itu. Apa nama kami masuk atau enggak ya,” kata Koordinator Daerah Forum Hononer K2 Indonesia (FHK2I) Pamekasan Madura Maskur kepada JPNN, Jumat (8/2).

Maskur menambahkan, banyak anggotanya yang enggan mendaftar PPPK karena berharap PNS. Mereka waswas bila menerima PPPK otomatis jalan menuju PNS tertutup.

Rasa penasaran juga ditunjukkan Bhimma, koordinator Honorer K2 Nusantara. Walaupun tidak bisa daftar karena formasinya nihil, dia ingin menjajal portal SSCASN.

Bhimma adalah honorer K2 tenaga teknis (operator). Rekrutmen PPPK tahap satu ini formasinya hanya untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan penyuluh.

“Mau lihat apa benar PPPK itu bisa menyelesaikan masalah honorer K2 atau malah bikin honorer K2 jadi calon penghuni kotak obat P3K,” ujarnya.

Kritikan juga disampaikan Korwil FHK2I Bengkulu Ridwan. Walaupun masuk formasi guru, tapi dia kurang yakin apa memenuhi syarat PPPK atau tidak. Mengingat ketentuannya yang ditetapkan pemerintah cukup sulit.

Ridwan juga menyesalkan kebijakan pusat yang tidak menganulir tenaga teknis. Sebab, honorer K2 bukan hanya pendidik, penyuluh pertanian, dan kesehatan.

“Tenaga teknis lainnya juga banyak jasanya. Pengabdian mereka belasan tahun dan harusnya diangkat PNS. Kalau tidak diproritaskan akan bermasalah juga,” ucapnya. (esy/jpnn)