Radar Kendal

Paska Banjir, Ribuan Lele Banjiri Sungai

Banjir yang melanda Kabupaten Kendal beberapa waktu lalu ternyata tidak hanya menjadi musibah bagi warga sekitaran Sungai Kalibuntu. Meski sempat terdampak luapan air sungai tersebut, warga juga merasakan berkah Sungai Kalibuntu yang mendadak jadi ladang ikan lele paska banjir.

Kondisi tersebut rupanya menyedot animo warga, terutama para pemilik hobi mancing. Setiap harinya, ratusan orang memancing di Kalibuntu, rata-rata hasilnya per orang bisa mencapai 1/2 kg ikan lele. Bahkan, hal itu terjadi setiap hari sejak pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Pekalongan, Selasa (5/2), adanya ribuan ikan lele tersebut berasal dari tambak ikan lele yang jebol saat banjir. Salah satu warga Kelurahan Langenharjo, Sodikin mengatakan bahwa dirinya mancing di Kalibuntu setiap hari paska banjir. Ia mengatakan, hasil yang didapatnya cukup lumayan terkadang 7-8 ekor ikan lele atau setara 1/2 kg.

“Kalau banjir biasa banyak tambak yang jebol, sehingga tidak heran banyak ikan lele di sungai. Mungkin yang jebol bukan satu dua tambak, pasti banyak dan ikan lelenya menyebar ke beberapa sungai yang ada,” katanya.

Menariknya lagi, setiap satu spot mancing rata-rata ada 10-15 orang yang memancing. Hal itu wajar lantaran menurut Sodikin ikan lele hidupnya bergerombol, sehingga jika ada yang dapat satu maka biasanya ada banyak lele.

“Memang benar kalau ada yang dapat satu pasti nanti ada lagi. Itulah yang membuat orang-orang berkerumun memancing ditempat yang sama,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments