Catat Ini, Pekan Depan Pasar Kraton Siap Ditempati

by

KOTA – Pasar Kraton yang direvitalisasi secara bertahap sejak 2017 lalu, siap ditempati pekan depan. Pemkot Pekalongan tengah melakukan persiapan pemindahan pedagang dari pasar darurat ke Pasar Kraton.

Kepala Bidang Pasar pada Dindagkop dan UKM Kota Pekalongan, Saminta, mengatakan pembagian zoning bagi pedagang sudah dilakukan dan saat ini ini tinggal menyelesaikan pemasangan listrik.

“Persiapan pemindahan sudah dilakukan. Pembagian nomor dan zoning pedagang juga sudah selesai tinggal kita mash proses pemasangan listrik dan sudah kami koordinasikan,” terangnya kemarin.

Sebelum dipindahkan ke bangunan baru Pasar Kraton, dikatakan Saminta pihaknya akan melakukan persiapan bagi para pedagang seperti pembinaan dan koordinasi terkait proses pemindahan. “Kami akan kumpulkan pedagang untuk pembinaan serta diskusi menjaring saran dan masukan terkait pross pemindahan pedagang kesana,” tambahnya.

Mengenai pembagian zoning, dia menjelaskan bahwa pedagang sembako akan ditempatkan di bagian depan kemudian untuk sayur mayur ditempatkan di bagian belakang. Pihaknya juga menyediakan tempat khusus untuk ikan basah. Dia mengatakan, total ada 40 pedagang yang akan kembali menempati Pasar Kraton. Mereka merupakan pedagang lama yang selama proses rehab menempati pasar darurat.

“Minggu awal Februari terlaksana, pedagang akan mulai pindah. Sebelumnya akan kita kumpulkan pedagang dan kita beri pmbinaan dan diskusi persiapan pemindahan. Sedangkan untuk tata letak zoning nya sudah kita tata, depan sembako, nanti ada space kusus untuk ikan basah dan sayur di belakang sendiri,” tandasnya. (nul)