Features

Catat Ini, Peristiwa Astronomi yang Bakal Terjadi Sepanjang Februari 2019

Ilustrasi: fenomena astronomi Super Moon. (REX/Shutterstock/jawapos)

Fenomena alam menyangkut tata surya selalu menarik perhatian. Awal bulan lalu para pengamat langit di seluruh dunia disuguhi tampilan astronomi yang menakjubkan dalam bentuk Super Blood Wolf Moon atau gabungan dari tiga peristiwa sekaligus.

Ketiga peristiwa itu adalah bulan yang berada di titik terdekat dengan bumi atau Super Moon. Posisi matahari, bumi, dan bulan dalam satu garis sejajar. Cahaya matahari melewati atmosfer bumi dan membuat bulan seolah berwarna merah (Blood Moon). Peristiwa tersebut terjadi saat bulan purnama yang jatuh pada Januari dengan nama Wolf Moon.

Nah, jika kamu melewatkan peristiwa tersebut, kabar baiknya adalah ada beberapa fenomena lain pada Februari mendatang. Terutama, Super Moon terbesar tahun ini akan muncul. Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Mirror, peristiwa astronomi yang terdekat adalah gerhana bulan pada 4 Februari. Fenomena gerhana bulan atau yang diistilahkan dengan nama new moon di beberapa negara akan terjadi pada 4 Februrari mendatang.

Pada malam itu, bulan terletak di sisi bumi yang sama dengan matahari, sehingga membuatnya tidak terlihat di langit malam. Untuk peluang terbaik penyuka astronomi menangkap peristiwa tersebut, lihatlah ke langit sekitar pukul 20.00 – 21.00 GMT atau 03.00 – 04.00 WIB.

Selanjutnya, fenomena astronomi yang akan hadir selama Februari 2019 adalah Super Moon terbesar di tahun ini. Peristiwa Super Moon tersebut akan jatuh pada 19 Februari mendatang. Peristiwa alam itu bakal menjadi Super Moon terbesar sepanjang 2019. Pada hari itu, bulan akan terletak di sisi yang berlawanan dari bumi menghadap matahari. Sehingga wajah bulan akan sepenuh diterangi matahari.

Selama Super Moon, bulan tampak sedikit lebih besar dari biasanya karena ia berada dengan jarak terdekatnya dengan planet kita. Super Moon ini adalah yang kedua dari tiga peristiwa yang terjadi selama 2019, dan sering disebut sebagai Bulan Salju Penuh. Lihatlah ke langit pukul 15.00 – 16.00 GMT atau pukul 22.00 – 23.00 WIB untuk peluang terbaik melihatnya.

Fenomena terakhir yang akan hadir di bulan Februari adalah planet Merkurius yang akan terlihat dari bumi. Peristiwa tersebut bakal hadir pada 27 Februari mendatang. Peristiwa astronomi Merkurius yang tampak dari bumi akan menjadi fenomena terakhir selama Februari 2019.

Peristiwa ini terjadi karena titik Merkurius mencapai jarak terdekatnya dengan bumi. Ini akan menjadi kesempatan terbaik untuk melihat Merkurius di langit malam. Caranya, carilah planet di langit barat sesaat setelah matahari terbenam. (jawapos)

Facebook Comments