Penarikan dari SMA/SMK Tak Bisa, Realisasi Bulan Dana PMI 2018 Turun 14%

by
SERAH TERIMA - Kegiatan serah terima Bulan Dana MPI Kendal Tahun 2018 kemarin dilangsungkan di Aula Gedung C Setda. AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Realisasi Bulan Dana PMI Tahun 2018 di Kabupaten Kendal tercatat mengalami penurunan sebesar Rp 72.295.500 atau 14% dari perolehan tahun 2017. Penurunan tersebut antara lain disebabkan sumber penarikan potensial dari lembaga pendidikan jenjang SMA/SMK yang sejak 2017 lalu sudah tidak bisa dilakukan.

SERAH TERIMA – Kegiatan serah terima Bulan Dana MPI Kendal Tahun 2018 kemarin dilangsungkan di Aula Gedung C Setda. AKHMAD TAUFIK

Hal itu terungkap saat kegiatan serah terima Bulan Dana PMI tahun 2018 di Aula Gedung C Setda, Rabu (30/1). Ketua PMI Kabupaten Kendal, dr Budi Mulyono mengungkapkan, tahun 2018 realisasi Bulan Dana PMI mencapai Rp 443.704.500. Nilai itu tercatat menurun Rp 72.295.500 atau 14% dari realisasi tahun 2017 yang mencapai Rp 516 juta.

“Karena PMI tidak bisa lagi menarik dana dari kalangan pelajar SMA/SMK yang sejak tahun 2017 berada di bawah kewenangan provinsi. Ketika SMA/SMK masih berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, pihak PMI bisa menarik sumbangan dana kepada pelajar SMA/SMK. Karena sekarang di bawah provinsi, kami tidak bisa masuk ke SMA/SMK,” ungkap Budi.

Namun demikian, ke depan PMI akan mengupayakan agar penarikan bulan dana itu bisa dilakukan di SMA/SMK. Menurut Budi, pihaknya akan berupaya agar perolehan Bulan Dana PMI Kendal bisa lebih besar lagi, yaitu dengan masa penarikan yang lebih panjang lagi.

Dengan masa penarikan yang lebih lama, maka bisa menjangkau lebih banyak sasaran yang berpeluang bisa memberikan sumbangan. “Waktu penggalangan akan diperpanjang, yang tahun kemarin hanya 2 bulan, maka untuk tahun ini menjadi 3 bulan, ” ujarnya.

Sementara itu, Drs Sinung dari Bagian Kesra Setda Kendal mengatakan, dana PMI memiliki manfaat yang besar, antara lain untuk membantu korban bencana. Diharapkan, dana yang diperoleh bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien. “Dana PMI ini sangat besar manfaatnya, seperti untuk bantuan korban bencana dan bantuan kemanusiaan lainnya,” katanya. (fik)