Anggarkan Rp1,3 M Percantik Kolam Kramat

by
Kolam Renang
PROSES PENGERJAAN – Kolam prestasi THR Kramat masih dalam proses pengerjaan pemasangan atap. M Dhia Thufail
Kolam Renang
PROSES PENGERJAAN – Kolam prestasi THR Kramat masih dalam proses pengerjaan pemasangan atap.
M Dhia Thufail

BATANG – Untuk melengkapi dan mempercantik kolam pemandian yang ada di THR Kramat Batang, pihak Pemkab Batang melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga tahun depan telah menyiapkan dana Rp1,3 milyar. Sejumlah fasilitas penunjang seperti papan loncat dan ruang tunggu pengunjung akan dihadirkan.

“Kita anggarkan 1,3 miliar pada tahun 2018 nanti untuk perbaikan kolam kramat. Dana tersebut akan kita gunakan untuk pembuatan Balkon, papan loncat, atap kolam renang anak anak dan mesin penyaringan air. Kalau masih ada sisa, mungkin bisa kita gunakan untuk menambah fasilitas lain,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Batang, Bapak Bambang Supriyanto, SH. M.Hum didampingi Kabid Destinasi dan Pariwisata, Rasmuji.

Dikatakan Rasmuji, pihaknya akan mendahulukan untuk mendatangkan mesin penyedot/penyaringan air. Karena, mesin itu sangat dibutuhkan untuk segera mefungsikan kolam prestasi yang saat ini masih dalam proses pengerjaan pembangunan atap.

“Seluruh konstruksi bagian kolam prestasi sudah rampung dikerjakan, dan saat ini masih tersisa pengerjaan kerangka atap saja. Ditargetkan, pengerjaan atap itu rampung pada pertengahan Desember nanti. Namun, meski sudah rampung, kolam prestasi belum bisa digunakan. Karena belum ada mesinnya. Oleh karenanya, anggaran 2018 nanti akan kita dahulukan untuk mendatangkan mesin itu,” ungkapnya.

Rasmuji menyampaikan, meski kolam prestasi itu belum seluruhnya rampung dikerjakan, namun sudah ada banyak guru berdatangan untuk minta dibuatkan jadwal rutin ekstrakulikuler renang.

“Sudah banyak yang datang. Mereka sangat antusias menanti rampungnya pengerjaan kolam prestasi ini. Karena kolam prestasi ini sesuai dengan standar Nasional, cocok untuk mencetak atlet atlet berprestasi di Batang. Oleh karenanya, meski belum rampung, namun mereka sudah meminta untuk dibuatkan jadwal rutin bagi para siswa pelajar,” katanya.

Rasmuji memastikan, pekerjaan senilai Rp 1.324.730.000 itu sudah dapat difungsikan pada tahun 2018 nanti. Karena menurutnya, poyek yang digarap oleh CV Suryatama Wahyu Abadai itu baru menunjukkan progres pengerjaan 60 persen.

Dijelaskan juga olehnya, bahwa pihaknya juga akan fokus melakukan pemeliharaan terhadap aset maupun fasilitas kolam THR kramat yang kini sudah terlihat tidak layak.

“Nanti, tahun 2018 akan kita ambilkan dana pemeliharaan untuk membenahi fasilitas yang sudah terlihat tidak layak. Seperti misalnya, kamar ganti atau kamar mandi pengunjung. Yang terlihat sudah tidak sedap dipandang mata, banyak retakan pada temboknya,” tandasnya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo