Radar Batang

Diberhentikan Partai, Dua Caleg Dicoret dari DCT

BATANG – KPU Kabupaten Batang mengumumkan ada sejumlah calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Batang yang terpaksa dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT). Hal itu dilakukan sesuai dengan surat edaran KPU pusat nomor 31/PL.01.4-SD/06/KPU/I/2019 terkait calon yang tidak memenuhi syarat setelah penetapan DCT.

Diberhentikan Partai, Dua Caleg Dicoret dari DCT
ARAHAN – Ketua KPU Batang, Nur Tofan, saat memberikan arahan dalam sebuah giat internal. DOK

Ketua KPU Batang, Nur Tofan menjelaskan, untuk Batang sendiri ada tiga caleg yang dicoret dari DPT. Satu caleg dicoret karena meninggal dunia. Sementara dua lainnya tidak memenuhi syarat lantaran sudah diberhentikan keanggotaannya oleh partai politik (parpol) pengusung.

“Sesuai dengan surat edaran tersebut, ada tiga caleg yang dicoret dari DPT. Yang pertama karena yang bersangkutan meninggal dunia, dan dua diantaranya tidak memenuhi syarat pencalonan karena diberhentikan/mundur dari sebagai anggota parpol yang mengajukan,” terang Tofan.

Diterangkan, tiga caleg tersebut berasal dari dua parpol yang berbeda. Namun untuk dua caleg yang diberhentikan keduanya berasal dari satu parpol yang sama. Diterangkan, saat ini pihaknya belum bisa mengumumkan secara resmi data caleg tersebut.

Namun mendekati pelaksanaan Pemilu nanti, KPU dipastikan akan merilis informasi terkait ke publik. Hal itu terutama ditujukan untuk masyarakat dapil yang terdampak dari pencoretan caleg dari DCT ini.

“Memang belum dapat kami umumkan sekarang karena jumlah ini nantinya juga bisa bertambah lagi. Karena memang masih ada sekitar beberapa bulan lagi dan masih ada beberapa dinamika yang terjadi nanti. Tapi pastinya mendekati hari H kami akan umumkan status dari caleg-caleg yang sudah dicoret di DCT ini,” jelas Taufan.

Meski begitu, diakuinya, nama caleg yang tercoret nantinya masih akan ada di surat suara. Untuk itu, KPU akan tetap memberikan informasi ke masyarakat kalau yang bersangkutan sudah dicoret. (nov)

Facebook Comments