Radar Kajen

Curah Hujan Tinggi, Warga Dataran Tinggi Diminta Waspada

KAJEN – Memasuki musim penghujan, warga yang tinggal didataran tinggi diminta untuk tetap waspada. Sebab daerah dataran tinggi berpotensi timbulnya bencana longsor.

Curah Hujan Tinggi, Warga Dataran Tinggi Diminta Waspada
CEK KELENGKAPAN – Forkompimda Pekalongan melakukan pengecekan kelengkapan penangana bencana dalam apel pasukan belum lama ini. TRIYONO

“Kami minta masyarakat di wilayah rawan bencana longsor harus meningkatkan kewaspadaan. Jika terjadi hujan dalam waktu yang lama dan intensitasnya tinggi perlu mencari tempat yang aman,” pinta Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan.

Bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan ketika melalui tepi hutan lebih baik berhenti dan berteduh ditempat yanh aman. Karena pepohonan tepi jalan juga rawan tumbang disaat musim penghujan.

“Apabila ada pohon tumbang menutup jalan kami minta pengguna jalan juga memberikan informasi kepada petugas, baik Polsek terdekat, pemerintah desa atau Tim penanggulangan bencana. Dengan informasi tersebut maka petugas dapat cepat turun ke lokasi, sehingga dapat dengan cepat tertangani,” lanjutnya.

Sementara bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, masyarakat juga tetap waspada agar. Kemudian jangan membuang sampah secara sembarangan, bersihkam selokan apabila tersumbat sampah.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Dukuh Kaliombo Desa Kaliombo Kecamatan Paninggaran, terjadi bencana alam berupa tanah longsor. Akibat dari Tanah longsor dengan ketinggian 6 m, lebar 4 m mengakibatkan pondasi rumah, Soleh (40) tergerus dan rumah yang ada di bawahnya yakni milik Sujarwo (30) tertimpa longsoran.

Adapun bagian atap rumah tersebut, sepanjang 4 meter persegi. Akibat kejadian tersebut Sujarwo mengalami kerugian kurang lebih Rp. 3.000.000.

Dengan kejadian itu, Kapolsek Paninggaran bersama anggota, Perwakilan BNPB Kabupaten Pekalongan, Perwakilan Camat Paninggaran dan Kades Kaliombo langsung memberikan bantuan berupa 2 dus air mineral, 1 dus teh dan 10 Kg beras.

“Saat ini rumah Sujarwo sudah mulai di perbaiki serta memdapatkan bantuan,” katanya. (yon)

Facebook Comments